-->

Panduan Evaluasi Portofolio

Penilaian portofolio merupakan pendekatan yang relatif gres dan belum banyak dipakai dalam dunia pendidikan di Indonesia. Penilaian portofolio sanggup dipakai untuk tujuan formatif dan sumatif. Di beberapa negara, portofolio telah dipakai dalam dunia pendidikan secara luas, baik untuk penilaian di kelas, daerah, maupun untuk penilaian secara nasional.

Portofolio sanggup berbeda dari segi isi, apakah seluruh hasil kerja siswa ataukah hasil kerja tertentu saja. Selain itu, portofolio sanggup berbeda dari segi fungsi, apakah untuk penilaian formatif atau sumatif. Untuk penilaian formatif atau diagnostik, pada umumnya hasil kerja yang dimasukkan semua hasil kerja siswa baik yang masih berupa draf atau setengah jadi maupun hasil akhir. Untuk sumatif, tidak semua hasil dimasukkan, hasil kerja yang relevan untuk penilaian saja yang dimasukkan dalam portofolio.

Sesuai dengan fungsinya portofolio juga berbeda dari segi penilaiannya. Untuk fungsi formatif atau diagnostik, portofolio disusun untuk memperoleh informasi mengenai kelebihan dan kekurangan siswa, memperoleh citra perkembangan siswa pada satu periode tertentu, menjadi alat refleksi siswa dan sebagai dasar santunan umpan balik oleh guru. Oleh alasannya yaitu itu untuk fungsi formatif, kriteria penilaian tidak perlu didefinisikan secara ketat alasannya yaitu fungsinya untuk melihat perkembangan capaian siswa dibandingkan dengan sasaran kompetensi pada kurun waktu tertentu. Penilaian dengan fungsi sumatif bertujuan untuk memberi nilai atas capaian hasil kerja siswa, seringkali hasil penilaian sumatif dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan yang memiliki dampak pribadi kepada siswa, ibarat sebagai dasar penentuan kelulusan atau alat seleksi. Untuk penilaian sumatif, terutama yang bersifat high stakes, validitas dan reliabilitas atau konsistensi penilaian merupakan hal penting. Oleh alasannya yaitu itu kriteria penilaian yang eksplisit dan terperinci menjadi hal yang penting.

Lingkup Portofolio

Hasil berguru siswa yang sanggup tercakup dalam portofolio sangat luas, mencakup antara lain:

  1. perkembangan pemahaman siswa pada periode waktu tertentu (misalnya portofolio yang mencakup kerangka awal, draf kasar, kritik struktur, dan finalisasi tulisan);
  2. pemahaman dari banyak konsep dan topik yang diberikan (misalnya portofolio mencakup beberapa goresan pena pendek, uraian singkat);
  3. mendemonstrasikan perbedaan talenta (misalnya portofolio mencakup hasil ilustrasi kemampuan menulis, kombinasi cetak, dan bukan cetak);
  4. kemampuan untuk memperlihatkan pekerjaan yang original (misalnya portofolio mencakup hasil produksi artistik/estetik ibarat sajak, musik, gambar, rencana pelajaran, videotape);
  5. kegiatan selama periode waktu tertentu dan rangkuman arti dari aktivitas tersebut (misalnya portofolio mencakup hasil aktivitas selama internsip atau proyek riset dengan menyesuaikan kategori yang ada, catatan harian, jurnal);
  6. kemampuan untuk menampilkan dalam suatu variasi konteks tempat tertentu;
  7. kemampuan untuk mengintegrasikan teori dan praktek;
  8. refleksi nilai-nilai individu, pandangan dunia gres atau orientasi filosofi.

Fungsi dan Tujuan Portofolio

Portofolio tidak hanya merupakan tempat penyimpanan hasil pekerjaan siswa, tetapi juga merupakan sumber informasi untuk guru dan siswa. Portofolio berfungsi untuk mengetahui perkembangan kompetensi siswa. Portofolio menawarkan materi tindak lanjut dari suatu pekerjaan yang telah dilakukan siswa, sehingga guru dan siswa berkesempatan untuk berbagi kemampuannya.
Tujuan portofolio ditetapkan menurut apa yang harus dikerjakan dan siapa yang akan memakai jenis portofolio. Dalam penilaian di kelas, portofolio sanggup dipakai untuk mencapai beberapa tujuan, antara lain:
1. mengetahui perkembangan yang dialami siswa;
2. mendokumentasikan proses pembelajaran yang berlangsung;
3. memberi perhatian pada prestasi kerja siswa yang terbaik;
4. merefleksikan kesanggupan mengambil resiko dan melaksanakan ekperimentasi;
5. meningkatkan efektifitas proses pembelajaran;
6. bertukar informasi dengan orang tua/wali siswa dan guru lain;
7. membina dan mempercepat pertumbuhan konsep diri konkret pada siswa;
8. meningkatkan kemampuan melaksanakan refleksi diri; dan
9. membantu siswa dalam merumuskan tujuan.

Prinsip Portofolio

Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dan dijadikan sebagai pedoman dalam penggunaan penilaian portofolio di sekolah, antara lain:
1. Saling percaya (mutual trust) antara guru dan siswa
2. Kerahasiaan bersama (confidentiality) antara guru dan siswa
3. Milik bersama (joint ownership) antara siswa dan guru
4. Kepuasan (satisfaction)
5. Kesesuaian (relevance)
6. Penilaian proses dan hasil

Perbedaan Tes dan Penilaian Portofolio

Ada beberapa perbedaan esensial antara portofolio dengan tes. Perbedaan antara penilaian portofolio dan tes sebagai alat evaluasi, secara ringkas sanggup dilihat tabel berikut.


Ada Beberapa Macam portofolio yang sanggup dipakai untuk penilaian diantaranya :

- Penilaian Portofolio Kerja


Portofolio kerja (working portfolio) merupakan semua koleksi hasil kerja pada suatu mata pelajaran atau kompetensi pada periode waktu tertentu. Untuk seniman ibarat pelukis atau fotografer, portofolio kerja mencakup contohnya sketsa, catatan, draf setengah jadi, dan produk/lukisan yang telah jadi.

Penilaian Portofolio Dokumentasi

Portofolio dokumentasi (documentary portfolio) yaitu koleksi hasil kerja siswa pada suatu mata pelajaran pada satu periode waktu tertentu, yang khusus dipakai untuk penilaian. Tidak ibarat portofolio kerja yang berisi semua hasil kerja, baik yang setengah jadi maupun sudah jadi; portofolio dokumentasi hanya berisi hasil kerja pilihan terbaik yang diajukan untuk dinilai.

Portofolio dokumentasi tidak hanya berisi produk hasil kerja siswa, tetapi juga memuat informasi mengenai proses dalam menghasilkan produk tersebut.

Penilaian Portofolio Pilihan 

Portofolio pilihan (showcase fortfolio) dipakai untuk memperlihatkan hasil terbaik yang dihasilkan oleh siswa pada suatu mata pelajaran atau kompetensi tertentu. Tidak ibarat portofolio dokumentasi yang memuat bukti proses dalam menghasilkan produk, portofolio pilihan hanya berisi produk yang telah selesai. Portofolio pilihan tidak memuat bukti proses pekerjaan, perbaikan, dan penyempurnaan produk.

Portofolio pilihan dipakai untuk tujuan sumatif ibarat seleksi, sertifikasi, maupun penilaian kelas. Untuk portofolio yang dipakai pada konteks high stakes (mempunyai implikasi besar kepada siswa) gosip validitas, termasuk gosip keaslian, yaitu apakah hasil kerja yang ditampilkan memang benar hasil kerja siswa, perlu menjadi perhatian.


Untuk Selengkapnya silahkan Unduh Panduan Penilaian Portofolio pada link yang sudah kami siapkan dibawah ini :





(Unduh Disini) Panduan Penilaian Portofolio.pdf

Baca  Juga :
(Buka Disini) Model Penilaian Formatif .pdf

(Buka Disini) Panduan Penilaian Kinerja .pdf
(Buka Disini) Panduan Penilaian Tes Tertulis.pdf
(Buka Disini) Panduan Penulisan Soal High Order Thinking Skill ( HOTS ).pdf
(Buka Disini) Panduan Penilaian Karakter.pdf

Demikian kami sampaikan Panduan Penilaian Portofolio, Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel