-->

Kurikulum 13 Serta Pola Rpp K13

– Sukseskan Pendidikan! Pahami dan Pelajari Kurikulum 13 Serta Contoh RPP K13. RPP Kurikulum 2013 memang tak banyak diketahui, kecuali oleh para tenaga pengajar atau pun akademis. Apalagi sekarang ini kurikulum kerap kali berubah-ubah sesuai dengan kebijakan dari diknas atau pembuat keputusan. Kurikulum merupakan suatu persyaratan pendidikan yang berlaku mulai dari sekolah dasar sampai menengah atas.


RPP yakni bagian penting dalam aktivitas mencar ilmu mengajar. Rpp yaitu bimbingan guru dalam mengajar di kelas. Rencana pembelajaran dibentuk oleh guru untuk menolong mereka mengajar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Seorang guru yang mengajar tanpa planning pembelajaran, kemungkinan akan bingung dikala menyampaikan bahan pelajaran di kelas.


RPP ialah suatu jembatan dari keberhasilan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kesuksesan implementasi kurikulum ini ditentukan taktik pembelajaran yang dibuat secara tepat sehingga menjadi pendukung terwujudnya suatu kompetensi. Itulah pentingnya bagi setiap guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP.


Sebuah kurikulum seperti yang terdapat dalam 2013 memuat apa yang semestinya dipelajari oleh para akseptor ajar. Dan tugas gurulah untuk membuat suatu cara atau rencana agar setiap materi dapat dikuasai oleh para peserta latih. Menyusun atau membuat rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan suatu keharusan dari setiap guru.


:Contoh RPP dan Manfaat Pembuatan RPP


RPP Kurikulum 2013 memang terkadang terlihat menyusahkan khususnya bagi yang belum sudah biasa menggunakannya atau pun pada permulaan peralihan sistem. Oleh sebab itulah Anda harus mampu mengerti dan mempelajari contoh RPP K13. Hakikatnya sebuah kurikulum dibentuk untuk era depan dan perkembangan pendidikan di Indonesia. Begitu pula yang terdapat dalam kurikulum 2013 mirip yang dikerjakan oleh negara lainnya juga.


Nah, bagaimana cara membuat RPP yang baik dan benar? Rpp yang baik dan benar ialah rencana pembelajaran yang mengikuti prosedur rpp itu sendiri, disusun selengkap dan sesistematis mungkin sehingga mudah dimengerti dan dilakukan oleh guru lain. Terutama saat salah satu guru tidak hadir, maka guru lain dari mata pelajaran yang serumpun bisa mengambil alih secara pribadi, tanpa mesti merasa bingung saat guru tersebut ingin mengimplementasikannya.


Untuk itu Anda perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini ketika membuat atau menyusun suatu rencana pelaksanaan pembelajaran, yakni:



  • Setiap guru diwajibkan untuk menbuat atau menyusun RPP dengan lengkap serta sistematis.

  • Para guru diharuskan membuat atau merancang cuilan dari RPP bagi setiap pertemuan yang diubahsuaikan dengan agenda yang ada.

  • RPP dibentuk atau disusun untuk setiap kompetensi dasar bagi setiap konferensi atau pun lebih.

  • RPP merupakan suatu pembagian terstruktur mengenai dari silabus supaya dapat mengarahkn aktivitas belajar dalam rangka pencapaian kompetensi dasar.


Dengan memperhatikan hal-hal diatas, Anda dapat lebih mudah dan cepat ketika membuat suatu rencana pelaksanaan pembelajaran atau contoh RPP K13. Karena RPP ialah sebuah versi planning yang gambaran yang bermaksud untuk meraih kompetensi. Didalamnya terdiri mekanisme, pengorganisasian serta acara pembelajaran dan dijabarkan dalam silabus.


: Cara Praktis Membuat RPP Bahasa Indonesia


Umumnya rencana pelaksanaan pembelajaran berisi satu kompetensi dasar yang didalamnya terdapat satu atau beberapa indikator untuk satu kali maupun beberapa kali pertemuan. RPP kurikulum 2013 seharusnya dibentuk secara berdikari atau pun berkelompok oleh setiap guru dengan menimbang-nimbang beberapa hal dasar, mirip:



  • Rencana pelaksanaan pembelajaran mesti mampu mendorong akseptor ajar berpartisipasi secara aktif.

  • Rencana pelaksanaan pembelajaran dibuat atau disusun menurut silabus yang telah dikembangkan dan harus direalisasikan dalam sebuah aktivitas berguru.

  • Rencana pelaksanaan pembelajaran akan dikembangkan dengan menyesuaikan pada kesanggupan awal, kemampuan sosial, kecepatan berguru, motivasi, bakat, potensi, emosi, minat serta faktor lainnya dari penerima asuh.

  • Harus mampu membuatkan cita-cita atau budaya menulis dan membaca.

  • Harus dapat menjalin keterpaduan serta keterkaitan.

  • Harus mampu menerapkan teknologi kominukasi dan isu.


Berikut ini yakni teladan RPP K13 (Kurtilas) yang dapat Anda jadikan acuan. Jika Anda ingin membuat planning pelajaran, yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan bahan yang dipegang oleh guru di sekolah.


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13


 


Satuan Pendidikan      : SDN Antasari 2


Kelas / Semester          : 2 /1


Tema                           : Hidup Rukun (Tema 1)


Sub Tema                    : Hidup Rukun di Sekolah (Sub Tema 2)


Pembelajaran ke          : 1


Alokasi waktu             : 1 Hari


Muatan Pelajaran        : Matematika dan Bahasa Indonesia


 


A.Tujuan



  1. Dengan diberikannya sebuah teks dongeng tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, maka siswa dibutuhkan bisa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.

  2. Dengan diberikannya teks percakapan wacana hidup rukun yang mengandung sebuah istilah, maka siswa diperlukan mampu mengucapkan istilah yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.

  3. Dengan diberikannya kumpulan kubus lebih dari 101, siswa mampu menyatakan kumpulan objek dengan bilangan hingga dengan 1000 dengan benar.

  4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 101, siswa mampu membaca lambang bilangan hingga dengan 1000 dengan tepat.



Contoh RPP K13 berikutnya ialah :


B. Kegiatan Pembelajaran


Kegiatan Pendahuluan


Ayo Mengamati



  • Siswa akan mendengarkanteks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru.

  • Ketika guru membaca teks, maka hendaknya guru memberi pemfokusan pada kalimat yang menggunakan ungkapan.

  • Contoh istilah pada teks tersebut yakni buah tangan dan buah hati.

  • Siswa bisa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks dongeng. (Mandiri)


Ayo Berlatih



  • Siswa membaca teks percakapan lalu bareng dengan seorang teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku.

  • Siswa diberi fleksibilitas untuk bisa menyusun kalimat menurut teks kisah yang sudah dibacanya.


(Creatiivity and Innovation)


Ayo Berlatih



  • Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga kubus dan alat peraga yang lain, contohnya kancing baju atau stik es krim.

  • Siswa menjalankan soal perihal bilangan cacah dengan tiga angka. Guru mampu menyertakan soal latihan.

  • Siswa membaca bilangan cacah sampai 1000. Guru memperhatikan kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah sampai 1000 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati yakni teliti. Hasil pengamatan perilaku kemudian dituliskan di dalam jurnal.


(Critical Thinking and Problem Formulation)

Kegiatan Bersama Orang Tua



  • Pemahaman tentang berbagai bilangan cacah sampai 1000 dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama dengan orang tua.

  • Orang bau tanah membantu siswa menyebut bilangan-bilangan yang ada di sekeliling rumah mereka.


Kegiatan Penutup



  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

  2. Guru menunjukkan penguatan dan kesimpulan

  3. Menyanyikan salah satu lagu kawasan untuk bisa menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

  4. Salam dan do’a bareng yang dipimpin oleh salah satu siswa.


C. Penilaian


 


Penilaian Sikap            : Observasi selama kegiatan berlangsung


 


Penilaian Pengetahuan



  1. Menjawab pertanyaan verbal wacana tata cara untuk memperkenalkan diri yang benar.









Penilaian Keterampilan


 


Mengetahui


Kepala Sekolah


 


 


 


Ibrahim Ali Gibran, S.Si. M.Pd


NIP. 19590728 1981121 004

 


 


Bandung, ………………. 2020


Guru kelas


 


 


 


Andi Rosadi Wiratama, S.Pd


NIP. 195898504800485


 


Inilah seputar pemahaman dan pembelajaran wacana kurikulum 13. Sebagai guru aaupun orangtua siswa memang tidak ada salahnya Anda harus mengetahui tentang acuan RPP K13. Hal ini dijalankan semoga bisa dengan mudah menyampaikan pada anak bimbing di sekolah dan di rumah. Terima kasih sudah membaca di soalbelajar dan biar artikel ini mampu menolong kamu.


Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel