-->

Inilah Petunjuk Pembuatan Dan Acuan Business Letter

– Inilah Petunjuk Pembuatan dan Contoh Business Letter .  – Menjalankan sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah untuk dikerjakan. Terlebih, jika bisnis yang dikerjakan ialah bisnis dalam skala besar dengan omzet yang cukup tinggi. Perlu pengelolaan yang tepat serta manajemen yang terbaik dalam setiap hal.


Salah satu dari bab administrasi adalah adanya dokumen berupa surat khusus sebagai perantara dengan kekerabatan. Surat ini umumdisebut sebagai bussines letter atau surat bisnis. Di tengah pertumbuhan teknologi dengan hadirnya metode komunikasi melalui ponsel surat ini masih tetap dibutuhkan.


Hal ini dikarenakan komunikasi menggunakan surat lebih resmi serta terkesan lebih menghargai kekerabatan bisnisnya. jenis surat ini bisa ditulis dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Contoh business letter bisa Anda dapatkan di internet yang merupakan teladan dari beberapa surat yang telah dipakai.


Surat ini biasanya diantarmelalui kantor pos atau lewat kurir. Surat ini mampu dibilang selaku kebalikan dari email yang lazimnya lebih cepat disampaikan terhadap penerimanya. jenis surat bisnis ini berisikan beberapa bagian titik pertama terdapat bagian yang dinamakan Letter Head atau kop surat.



Letter Head atau kop surat


Bagian ini ialah hal yang sangat wajib dalam sebuah surat resmi termasuk surat bisnis ini. Pada bagian ini terdapat jati diri atau identitas dari pengantarsurat yang berisikan logo, nama, alamat, serta nomor telepon dari pengirim. Bagian ini berada pada bab paling awal atau paling atas dari suatu surat.


Reference Line


Kemudian, dalam teladan business letter Anda juga mampu mendapatkan Reference Line. Pada bagian ini terdapat nama dari eksekutif yang menandatangani surat tersebut. Nama tersebut akan diikuti oleh garis miring atau titik dua. Selanjutnya akan disertakan nama pengetik dari surat tersebut.


Bagian ini ialah kan penjelas referensi dari pembuatan surat. bab ini juga menerangkan bahwa surat ini ditugaskan pribadi oleh administrator serta nama pengetiknya akan lebih mudah dimengerti kalau ada sebuah hal yang ingin dikoreksi. Apalagi business letter ini condong lebih sering memakai bahasa Inggris.


Selain keterangan nama administrator serta pengetik nya, pada bab ini beberapa perusahaan juga sering mencantumkan nomor atau instruksi khusus yang merupakan spesifikasi dari arsip yang dimiliki. Reference akan ditempatkan pada bab atas surat tepatnya di atas tanggal atau date atau di bawah kop surat seperti acuan business letter dibawah ini.


Your ref: 14 January 2004

Our Ref: HF/KL


: Contoh Letter of Intent dan Bagaimana Cara Menuliskannya


Date line atau  tanggal pengerjaan surat


Kemudian terdapat bagian date line atau tanggal pengerjaan surat. Format penulisan tanggal memakai format bulan/hari/tahun. Contohnya November 11, 2018. untuk penulisan dengan bahasa Inggris format ini bersifat wajib karena telah menjadi hukum baku dalam penulisan surat berbahasa Inggris.


Selain itu, Anda juga mampu menemukan beberapa acuan business letter yang memakai penulisan Date Line memakai British style, misalnya 4th August 2008. Selain itu, ada pula format American style dimana format ini diawali dengan penyebutan bulan kemudian tanggal barulah tahun pada posisi terakhir.


Contohnya seperti February 17, 2011.


Inside Address


Bagian berikutnya ialah Inside Address. Pada bab ini anda harus memasukkan nama peserta serta alamat lengkapnya. Jangan lupa sertakan pula jabatan serta alamat perusahaannya. Jika masih ragu dengan jabatan penerima Anda bisa mencantumkan jabatan mirip “Director of Human Resources”.


Meskipun Anda tidak mengetahui dengan detail jangan sampai mengosongkan nama, alamat atau jabatan dalam bab ini. penulisan tanggal serta penerima harus diberi sedikit jarak supaya tidak terlalu berdekatan. Anda juga bisa menggunakan alternatif lain untuk menuliskan nama penerima surat yang disebut dengan bagian attention line.


Solutition atau salam pembuka


Dalam setiap pola business letter Anda juga akan mendapatkan bab Solutition atau salam pembuka. Gunakan kata “Dear Mr./Ms./Mrs.” Kemudian nama penerimanya. Jika anda tidak mengenali nama aslinya Anda bisa mencantumkan nama departemennya.


Jika penerimanya merupakan orang yang sudah sangat bersahabat maka Anda mampu menggunakan kalimat “Dear Sue”. Pada bagian Salutation Anda perlu memakai tanda baca dengan British style yang ditulis tanpa tanda baca. Jika menggunakan American style maka Anda harus memakai tanda titik dua.


Untuk pola business letter dengan British style maka penulisannya mirip ini “Dear Mr Arif”. Jika menggunakan American style maka penulisannya yaitu “Dear Mr. Arif”.


Subject Line atau perihal


Berikutnya Anda perlu membuat Subject Line atau wacana. pada bagian ini anda harus menuliskan maksud dari surat ini.


Misalnya apology, invitation dan sejenisnya. Bagian perihal ini bersifat opsional atau bisa digunakan ataupun tidak. Untuk penulisan British style subjek harus ditaruh diantara Salutation dan isi surat. Sementara itu, untuk American style subjek mesti diletakkan diatas Salutation.


: Personal Letter Structure Yang Mudah Untuk Dipahami


isi atau body of letter


Setelah bab Subject tamat Anda akan memperoleh bab terpenting dari pola business letter ini yakni isi atau body of letter. Di sini anda akan menuliskan hal apa yang ingin disampaikan. Paragraf mesti diisi menggunakan single space. Itu artinya, setiap kalimat dari baris satu ke baris berikutnya tidak diberikan jarak yang terlalu jauh.

Dalam penulisan bagian isi Anda mesti konsisten dalam penggunaan style bahasa titik jikalau dari permulaan penulisan menggunakan British maka dalam bagian isi hingga bagian penutup harus menggunakan style yang sama.


Selain itu, anda perlu penulisan yang lugas, terperinci serta tidak bertele-tele supaya tidak menjadi terlalu panjang. Sampaikan secara rinci tetapi singkat sehingga surat ini lebih terlihat sopan dan tudepoin kepada tujuan utama. Gunakan bahasa yang sopan serta acuan kalimat yang benar sesuai ejaan.Beri jarak antara bagian isi serta bab penutup.


Salam penutup atau complimentary close


Jika pada bab isi sudah disampaikan berikutnya Anda memasuki bagian salam epilog atau complimentary close. Bagian ini mengambarkan bahwa maksud yang Anda tulis sudah final tersampaikan. Akhiri surat dengan menulis “Sincerely”, “Thank you” atau “Sincerely yours”.


Sertakan tanda koma pada setiap salam penutup tersebut. Gunakan aksara kapital pada kata pertama dari salam penutup. Berdasarkan contoh business letter yang banyak ditemukan, Anda perlu memberi jarak 3 sampai 4 baris antara penutup dengan nama beserta tanda tangan pembuat surat.


Signature atau tanda tangan


Setelah bagian penutup tamat maka terdapat bagian Signature atau tanda tangan. Beri nama kemudian tanda tangan oleh nama yang tercantum tersebut. umumnya bagian ini memakai tinta berwarna hitam atau berwarna biru.


lampiran atau Enclosure dan Copy Natation (Tembusan Surat)


Jika terdapat lampiran maka penulis harus menampilkan jumlah lampiran tersebut. Gunakan kata “Enclosure” yang mempunyai arti jumlah lampiran. Jika membutuhkan tembusan maka sematkan Copy Natation (Tembusan Surat). Dalam contoh bussines letter Anda bisa memperoleh “Cc : HR Departement” yang terletak di kiri bawah surat.


Format  pengetikan Business Letter


Surat ini mesti diketik kemudian di print out dengan ukuran kertas 8,5 x 11. Huruf yang dipakai adalah Times new roman, untuk aligne text yakni justify, serta cara penulisan dengan memakai bahasa yang sopan dan sesuai dengan ejaan yang benar. Anda mampu menggunakan acuan bussines letter yang telah ada sebagai tumpuan.


Itulah Petunjuk Pembuatan dan Contoh Business Letter. Terima kasih sudah membaca di soalbelajar dan agar artikel ini bisa menolong kamu.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel