Acuan Rpp Dan Manfaat Pembuatan Rpp
– Contoh RPP dan Manfaat Pembuatan RPP. Rpp adalah bab penting dalam kegiatan mencar ilmu mengajar. Rpp yaitu tutorial guru dalam mengajar di kelas. Rencana pembelajaran dibuat oleh guru untuk membantu mereka mengajar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Seorang guru yang mengajar tanpa planning pembelajaran, kemungkinan akan gundah dikala memberikan bahan pelajaran di kelas.
Pengamatan dokumen rpp pada portofolio sertifikasi guru umumnya juga hanya berisi tindakan yang cenderung tidak operasional dan tindakan itu cenderung kegiatan sehari- hari saja. Belum terlihat spesifikasi tindakan pembelajaran sesuai dengan huruf subjek dan kemajuan siswa. Nah, disinilah diperlukannya acuan rpp yang dirasa baik dan benar serta mampu dipahami dengan mudah oleh semua guru.
Nah, bagaimana cara membuat RPP yang baik dan benar? Rpp yang bagus dan benar yaitu planning pembelajaran yang mengikuti prosedur rpp itu sendiri, disusun selengkap dan sesistematis mungkin sehingga gampang dipahami dan dikerjakan oleh guru lain. Terutama saat guru tidak hadir, guru lain dari mata pelajaran serumpun dapat mengambil alih secara langsung, tanpa harus merasa resah dikala mereka ingin mengimplementasikannya.
Daftar Isi
Karakteristik contoh rpp yang bagus dan benar:
• Berisi acara mencar ilmu mengajar yang hendak dilaksanakan oleh guru yang akan menjadi pengalaman mencar ilmu bagi siswa.
• Langkah pembelajaran diatur secara sistematis sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
• Langkah-langkah pembelajaran dikontrol sedetail mungkin, sehingga jikalau rencana pelajaran digunakan oleh guru lain (misalnya, jikalau guru mata pelajaran tidak hadir), gampang diketahui dan tidak mengarah pada banyak interpretasi.
: Cara Praktis Membuat RPP Bahasa Indonesia
Contoh Rpp Kurtilas
Adapun tentang penyusunan Rpp, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyederhanakannya dengan memangkas beberapa unsur. Di bawah kebijakan baru, guru mampu dengan bebas memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP. Tiga komponen inti dari rencana pembelajaran berisikan tujuan pembelajaran, acara belajar dan evaluasi. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, penulisan rpp dilakukan secara efisien dan efektif sehingga guru mempunyai lebih banyak waktu untuk merencanakan dan mengecek proses pembelajaran itu sendiri. Bahkan, kata beliau satu halaman saja sudah cukup.
Berikut ini yakni acuan rpp K13 (Kurtilas) yang dapat Anda jadikan pola. Jika Anda ingin membuat rencana pelajaran, yang mesti Anda lakukan yaitu menyesuaikan materi yang dipegang oleh guru di sekolah.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN K13
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri Purwantoro 2
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Sekolah (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
Muatan Pelajaran : B. indonesia (2.1, 3.1), Matematika (2.1, 3.1)
A. TUJUAN
1. Dengan diberikannya teks cerita wacana hidup rukun yang mengandung perumpamaan, siswa diperlukan mampu menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks dongeng tersebut dengan tepat.
2. Dengan diberikannya teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung istilah, siswa dibutuhkan mampu mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan sempurna.
3. Dengan diberikannya kumpulan kubus lebih dari 101, siswa mampu menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 1000 dengan benar.
4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 101, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 1000 dengan sempurna.
: Kurikulum 13 Serta Contoh RPP K13
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan memeriksa kedatangan siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a bersama yang dipimpin oleh salah seorang siswa. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru menawarkan penguatan wacana pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
4. Pembiasaan membaca/ menulis/ menyimak / berbicara selama 15-20 menit bahan non pelajaran Sebelum membacakan buku guru menerangkan tujuan acara literasi
Kegiatan Pendahuluan
Ayo Mengamati
• Siswa mendengarkanteks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru.
• Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi pengutamaan pada kalimat yang menggunakan perumpamaan.
• Contoh perumpamaan pada teks tersebut adalah buah tangan dan buah hati.
• Siswa menyebutkan perumpamaan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)
Ayo Berlatih
• Siswa membaca teks percakapan lalu bareng dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku.
• Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat menurut teks dongeng yang telah dibacanya.
(Creatiivity and Innovation)
Ayo Berlatih
• Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah memakai gambar alat peraga kubus dan alat peraga lainnya, misalnya kancing baju atau stik es krim.
• Siswa melakukan soal ihwal bilangan cacah dengan tiga angka. Guru dapat menyertakan soal latihan.
• Siswa membaca bilangan cacah hingga 1000. Guru memperhatikan kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah hingga 1000 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diperhatikan yaitu teliti. Hasil observasi perilaku kemudian dituliskan di dalam jurnal.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Kegiatan Bersama Orang Tua
• Pemahaman perihal bilangan cacah hingga 1000 dipelajari kembali oleh siswa di rumah bareng orang renta.
• Orang renta menolong siswa menyebut bilangan-bilangan yang ada di sekeliling rumah.
Kegiatan Penutup
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru menawarkan penguatan dan kesimpulan
3. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
4. Salam dan do’a bersama di pimpin oleh salah satu siswa.
C. PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berjalan
Penilaian Pengetahuan
a. Menjawab pertanyaan ekspresi wacana sistem memperkenalkan diri yang benar.
Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala Sekolah
Drs. HENY SUHARYONO M.Pd NIP. 19590728 1981121 004 |
Malang, ………………. 2020 Guru kelas
ABDUR ROHMAN WAHID S.Si NIP. ……………………. |
Manfaat Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp)
Adapun manfaat pengerjaan rpp dalam proses pembelajaran adalah selaku berikut:
a) Rpp akan membuat lebih mudah, memfasilitasi dan memajukan hasil dari proses berguru mengajar
b) Dengan menyiapkan rpp secara profesional, sistematis dan efisien, guru dapat mengevaluasi serta memprediksi program pembelajaran selaku kerangka kerja yang logis dan juga terpola.
c) Rpp yakni acuan guru untuk melaksanakan kegiatan belajar biar lebih terarah dan berlangsung secara efektif dan efisien.
d) Rpp bertindak selaku skenario proses pembelajaran. Oleh alasannya adalah itu, rpp mesti fleksibel.
e) Rpp Memberikan landasan dasar bagi guru dan siswa dalam meraih kompetensi dan indikator dasar
Rpp adalah terjemahan dari silabus yang disusun pada langkah sebelumnya selaku alat pembelajaran. Contoh rpp mencerminkan acara yang dikerjakan oleh guru dan siswa untuk meraih kompetensi yang ditentukan. Lingkup RPP yang terluas meliputi satu Kompetensi Dasar yang terdiri dari satu indikator atau beberapa indikator untuk satu atau beberapa pertemuan.
Berdasarkan klarifikasi di atas, rpp berkontribusi sebagai tutorial bagi guru dalam mengajar. Nah, Anda pasti sudah menerima gambaran bukan ihwal teladan rpp yang baik dan benar serta gampang dimengerti? Semoga artikel ini bermanfaat ya! Terimakasih telah berkunjung. Terima kasih sudah membaca di soalbelajar dan semoga artikel ini bisa menolong kamu.