-->

10 Cara Mengatasi Bni Mobile Banking Error, Tidak Mampu Dibuka


BNI Mobile Banking merupakan fasilitas layanan perbankan yang dapat dipakai untuk melaksanakan pembayaran dan transaksi keuangan lewat smartphone Android atau iOS. BNI Mobile Banking tersedia untuk ponsel Android minimum versi 5.0 (Lollipop) dan iOS minimum model 9.1. Nasabah BNI mampu mengunduh aplikasi lewat Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS (iPhone / iPad). BNI menawarkan aplikasi Mobile Banking untuk mempermudah nasabahnya dalam melaksanakan transaksi keuangan secara kondusif, gampang, dan cepat.









Fasilitas yang disediakan tidak hanya sekedar cek saldo dan transfer duit, tersedia juga kemudahan yang lain mirip pembelian token listrik, pulsa pasca bayar, pembayaran pajak, BPJS, investasi, dan lain sebagainya. Penulis yang juga nasabah dari bank BNI merasa sangat terbantu dengan aplikasi ini. Sayangnya, aplikasi ini masih belum stabil ketika digunakan. Terkadang aku mengalami dilema ketika menjalankan aplikasi. Hal ini yang mungkin juga Anda alami saat ini seperti munculnya pesan error, macet, tidak bisa login, tidak mampu dibuka, force close, gagal transfer, dan bermacam-macam masalah yang lain.  





Lihat Juga : 8 Cara Cek Mutasi Rekening BNI





Penyebab BNI Mobile Banking Error





Masalah BNI Mobile Banking yang error tersebut tentu menciptakan Anda bingung. Banyak acara yang seharusnya membuat lebih mudah, namun justru merepotkan. Ada banyak faktor yang menciptakan aplikasi tidak bisa dibuka / error. Untuk mengetahuinya, Anda mampu simak beberapa poin penyebab BNI Mobile Banking error berikut ini.





  • Server sedang dalam perbaikan (maintenance) – Ada kemungkinan server BNI Mobile Banking sedang dalam perbaikan / maintenance. Hal ini memang kerap kali terjadi, utamanya saat malam hari. Jika benar demikian, Anda cuma mampu menanti sampai BNI normal kembali.
  • Bugs pada aplikasi – Bisa jadi terdapat bugs pada aplikasi sehingga aplikasi tidak berjalan stabil atau sering terjadi error ketika digunakan. Misalnya mirip transfer dana terjadi kegagalan / timbul pesan error, namun ternyata dana berhasil terkirim ke rekening peserta. Dalam masalah seperti ini Anda perlu berhati-hati, periksalah kembali saldo rekening Anda apakah berkurang atau tidak saat terjadi kegagalan tersebut.
  • Baru saja melakukan pembaruan sistem – Dalam beberapa kasus, pengguna yang melakukan update sistem (contohnya dari Android 10 ke Android 11 atau dari iOS 13 ke iOS 14 ) mendapatkan persoalan ketika memakai aplikasi BNI Mobile Banking. Mungkin saja pihak pengembang belum melaksanakan pembaruan dan perubahan untuk Android versi terbarunya.  
  • dan lain sebagainya.




Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Internet Banking BNI Terblokir









Mengatasi BNI Mobile Banking Error





Untuk mengatasi dilema aplikasi BNI Mobile Banking yang error tersebut, Anda bisa mencoba melaksanakan perbaikan dengan mencoba beberapa kiat sederhana berikut ini.





1. Coba update aplikasi





Update BNI Mobile Banking
1. Coba update aplikasi BNI Mobile Banking. RUDI DIAN ARIFIN




Tips pertama, cobalah untuk melakukan update aplikasi BNI Mobile Banking melalui Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS (iPhone). Karena siapa tahu update membawa sejumlah fitur dan perbaikan yang dapat menangani persoalan error pada aplikasi. Untuk melakukannya, Anda bisa simak dan cermati petunjuk di bawah ini.





  1. Buka aplikasi Google Play Store pada ponsel Android Anda.
  2. Temukan dan pilih aplikasi BNI Mobile Banking.
  3. Ketuk Update dan tunggu sampai proses update simpulan dijalankan.
  4. Selesai.




Update aplikasi hanya mampu Anda lakukan jika tersedia pembaruan BNI Mobile Banking. Jika tidak, maka Anda mampu ikuti tips berikutnya dengan membersihkan cache aplikasi.





2. Coba bersihkan cache aplikasi





Hapus Cache BNI Mobile Banking
2. Coba bersihkan cache aplikasi BNI Mobile Banking. RUDI DIAN ARIFIN




Membersihkan cache dikala terjadi persoalan pada aplikasi sangat penting untuk Anda lakukan. Mengingat aplikasi error dapat terjadi karena kesalahan dan penumpukan file cache pada memori secara berlebihan. Untuk membersihkan file cache, Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih bawaan atau melakukannya secara manual melalui administrasi aplikasi. Untuk melakukannya secara manual, Anda bisa ikuti isyarat di bawah ini.





  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi BNI Mobile Banking.
  3. Terlihat gosip aplikasi BNI Mobile Banking, pilih Penyimpanan.
  4. Pilih Hapus Tembolok untuk meniadakan data BNI Mobile Banking.
  5. Selesai.




Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache Aplikasi Android









3. Coba hapus data aplikasi





Hapus Data BNI Mobile Banking
3. Coba hapus data aplikasi BNI Mobile Banking. RUDI DIAN ARIFIN




Apabila membersihkan cache juga tidak mampu memperbaiki dilema pada aplikasi, cobalah untuk menghapus data aplikasi. Cara ini banyak dikerjakan oleh pengguna Android dikala mendapati persoalan error pada aplikasi. Menghapus data aplikasi berkaitan dengan data login, basis data, cache, cookies, dan data-data sementara lainnya. Menghapus data aplikasi tidak akan meniadakan akun BNI Mobile Banking, sehingga Anda tidak perlu cemas dengan akun yang Anda miliki. Anda bisa login kembali akun BNI Mobile Banking setelah meniadakan data aplikasi. Simak dan ikuti petunjuk meniadakan data aplikasi di bawah ini.





  • Buka hidangan Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi.
  • Temukan dan pilih aplikasi BNI Mobile Banking.
  • Terlihat gosip aplikasi BNI Mobile Banking, pilih Penyimpanan.
  • Pilih Hapus Data untuk meniadakan data BNI Mobile Banking.
  • Tap OK untuk konfirmasi.
  • Selesai.




Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Data Aplikasi Android





4. Jangan menggunakan WiFi





Ini mungkin tidak masuk akal, namun mampu saja developer / pengembang memperlihatkan keamanan pada aplikasi untuk memblokir saluran aplikasi melalui jaringan Wi-Fi. Dalam beberapa perkara, banyak nasabah BNI mengalami hambatan saat menjalankan aplikasi pada ponsel pintar yang terhubung ke jaringan Wi-Fi. Cobalah untuk me-restart / me-reboot smartphone, lalu gunakan data seluler biasa. Akses kembali BNI Mobile Banking Anda, agar nantinya normal dan tanpa ada duduk perkara.









5. Tunggu sampai aplikasi stabil kembali





Apabila kendala tersebut terjadi karena server BNI yang sedang dalam perbaikan (maintenance), maka silakan tunggu sampai aplikasi mampu digunakan kembali (up). Biasanya dikala dalam BNI dalam maintenance, timbul peringan atau notifikasi untuk memakai layanan dikemudian hari / coba beberapa dikala lagi. Utamanya saat Anda memakai BNI Mobile Banking pada malam hari. Mengingat maintenance lebih sering dilaksanakan pada malam hari karena minim pengguna.





6. Hubungi CS BNI





Apabila keluhan tentang aplikasi BNI Mobile Banking telah berhari-hari dan tidak kunjung wajar , semestinya tanyakan ke Customer Service BNI. Anda mampu tanyakan apa pun ganjalan Anda ke CS BNI berkaitan dengan aplikasi, akun, transaksi keuangan, gosip login, dan lain sebagainya.













7. Datang ke kantor BNI





Untuk menerima jawaban yang pasti, datanglah ke kantor cabang BNI terdekat di kota Anda. Anda akan menerima bantuan terkait problem pada aplikasi BNI Mobile Banking. Terutama yang berhubungan dengan akun mirip tidak mampu login, kesalahan username atau password, reset akun, OTP tidak terkirim, tidak menerima balasan aba-aba OTP, dan banyak sekali duduk perkara akun BNI Mobile Banking. Bisniskan untuk tiba di pagi hari biar tidak terlampau usang menanti antrean sehingga cepat mendapatkan pelayanan.





Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BNI dan Terblokir





Penutup,





Terkadang persoalan BNI Mobile Banking yang error terjadi bukan dari aspek penggunanya, tetapi dari server BNI yang sedang dalam perawatan (maintenance). BNI sendiri juga memerlukan waktu yang relatif usang untuk proses pengembangan dan perbaikan biar aplikasi betul-betul stabil saat digunakan. Cobalah untuk menanti selama beberapa waktu atau kerjakan pembaruan aplikasi untuk mendapatkan perbaikan dan peningkatan tampilan.





Mengapa BNI Mobile Banking aku tidak mampu login?

Tidak bisa login / gagal login biasanya alasannya adalah salah dalam memasukkan username dan password (MPIN). Untuk itu, pastikan kembali apakah username dan password yang Anda masukkan sudah benar atau belum. Jika lupa, klik Lupa MPIN / Password untuk reset MPIN BNI Mobile Banking Anda.

Mengapa BNI Mobile Banking aku tidak bisa transfer / gagal transfer?

Masalah tidak bisa transfer / gagal transfer terjadi karena bugs pada aplikasi atau problem pada server BNI. Meskipun bertuliskan gagal transfer, cobalah untuk cek kembali mutasi rekening Anda. Karena mampu jadi dana berhasil terkirim ke rekening akseptor.

Mengapa BNI Mobile Banking saya terblokir?

Akun BNI Mobile Banking yang terblokir disebabkan karena berkali-kali salah memasukkan username dan password. Anda bisa aktifkan kembali akun dengan reset password dengan klik Lupa MPIN / Password.





Dengan menjajal beberapa tips di atas, semoga dilema BNI Mobile Banking pada smartphone Anda mampu diselesaikan dengan baik dan aplikasi mampu dipakai dengan normal kembali. Bagikan artikel ini ke media umum Anda supaya lebih berkhasiat dan berguna. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat menjajal !





Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel