-->

Penerimaan Anjuran Kontes Inovasi Digital Mahasiswa (Lidm) Tahun 2019 - Kingramli.Com

PDDikti Ristekdikti

Surat Edaran dari Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor B/2127/B.B3/KM.02.00/2019 tanggal 1 Juli 2019 wacana Penerimaan Proposal Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2019

Surat orisinil sanggup di dowload di link berikut 

Yth.
1. Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Negeri
2. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I s.d XIV

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan , Kementerian Riset , Teknologi , dan Pendidikan Tinggi akan mengadakan kegiatan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2019 , kegiatan tersebut untuk mendorong Education 4.0 , Sustainable Development Goals (SDGs) , dan Penghormatan Gender dalam kehidupan sekolah tinggi tinggi di Indonesia , terutama di golongan para mahasiswa dan dosen.


Lingkup LIDM termasuk 4 divisi kontes yang mewakili sejumlah penyelesaian penting untuk menghadapi tantangan Education 4.0 , Sustainable Development Goals (SDGs) , dan Penghormatan Gender yang ditujukan bagi seminar generasi milenial , yakni :
  1. Divisi I : Inovasi Teknologi Digital Pendidikan
  2. Divisi II : Kreasi Materi Pendidikan
  3. Divisi III : Kreasi Video dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs)
  4. Divisi IV : Poster Instagram dengan tema Penghormatan Gender
Berkenaan dengan hal tersebut kami memohon Saudara untuk menginformasikan terhadap mahasiswa untuk ikut serta dalam kegiatan LIDM , Informasi permulaan perihal LIDM kami sampaikan sebagaimana terlampir , Pemutakhiran keterangan dan perkembangan kontes sanggup dilihat pada laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/.

Atas perhatian dan koordinasi Saudara , kami mengucapkan terima kasih.

Direktur Kemahasiswaan ,
ttd
Didin Wahidin
NIP. 196105191984031003

Tembusan:
1. Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan
2. Wakil Rektor / Wakil Ketua / Wakil Direktur Perguruan Tinggi Negeri Bidang Kemahasiswaan
3. Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I s/d XIV



LAMPIRAN

LOMBA INOVASI DIGITAL MAHASISWA (LIDM) TAHUN 2019

A. Deskripsi Lomba

1. Divisi I - Inovasi Teknologi Digital Pendidikan
  1. Divisi ini memperlombakan karya penemuan teknologi digital untuk pendidikan.
  2. Lingkup penemuan digital meliputi: media pendidikan , sumber berguru , perangkat pembelajaran , aplikasi digital untuk implementasi sistem pembelajaran berbasis SCL (Student Centered Learning) , aplikasi digital untuk administrasi pendidikan , dan lain-lain.
  3. Pelaksanaan kontes berisikan tiga babak , yakni Tahap I , Tahap II , dan Babak Final.
2. Divisi II - Kreasi Materi Pendidikan
  1. Divisi ini memperlombakan karya kreasi bahan dan konten untuk pendidikan.
  2. Karya kreasi digital sanggup berbentuk: animasi , Augmented Reality , Virtual Reality , dan lain-lain.
  3. Pelaksanaan kontes berisikan tiga babak , yakni Tahap I , Tahap II , dan Babak Final.
3. Divisi III - Kreasi Video SDGs
  1. Divisi ini memperlombakan karya kreasi video yang diunggah di Youtube berdurasi optimal 3 menit.
  2. Karya kreasi video menampung tema Sustainable Development Goals (SDGs) berbasis pendidikan.
  3. Lomba kreasi video ini dilaksanakan secara daring sepenuhnya dan cuma berjalan dalam satu babak.
4. Divisi IV - Poster Penghormatan Gender
  1. Divisi ini memperlombakan karya kreasi poster yang diunggah di InstaGram berupa gambar membisu satu halaman.
  2. Karya kreasi poster digital menampung tema Penghomatan Gender (penghormatan terhadap kesetaraan gender , pencegahan pelecehan seksual) berbasis pendidikan.
  3. Lomba kreasi video ini dilaksanakan secara daring sepenuhnya dan cuma berjalan dalam satu babak.

B. Aturan Umum

Lomba dilaksanakan dalam beberapa babak:
  1. Pendaftaran (bersifat daring , diwajibkan untuk seluruh peserta divisi lomba)
  2. Tahap I (bersifat daring , diwajibkan untuk seluruh peserta divisi lomba)
  3. Tahap II (bersifat daring , cuma untuk Divisi I dan Divisi II LIDM)
  4. Babak Final (hadir di venue Final LIDM/on-site)

C. Aturan Pelaksanaan Lomba dan Penilaian

DIVISI I – LOMBA INOVASI TEKNOLOGI DIGITAL PENDIDIKAN

Tahap I – Proposal Karya Inovasi
  1. Babak I , tim peserta menyusun dan mengirim proposal karya inovasi.
  2. Proposal dikirim ke subdit.penalaran.kreavitias@gmail.com dalam bentuk PDF optimal 8 MB dengan penamaan file “LIDM 2019 - Divisi I - ID Tim - Nama Tim – Proposal.pdf”.
  3. Proposal , terdiri dari:
    1. Cover , menampung judul/nama penemuan , nama tim dan anggota , logo Kemenristekdikti di pojok kiri atas , logo sekolah tinggi tinggi di pojok kanan atas
    2. Abstrak
    3. Latar Belakang
    4. Tujuan dan Manfaat
    5. Metode
    6. Desain mock-up/model
    7. Analisis fungsional dan cara kerja
    8. Rencana Implementasi
    9. DaftarPustaka
Tahap II - Laporan Kemajuan Karya Inovasi
  1. Peserta mengunggah Laporan Kemajuan dan Video -> 30/42 tim.
  2. Laporan Kemajuan dikirim ke subdit.penalaran.kravitias@gmail.com dalam PDF optimal 8 MB dengan penamaan file “LIDM 2010 - Divisi I - ID Tim - Nama Tim – Kemajuan.pdf”. Terdiri dari:
    1. Cover: menyerupai untuk proposal
    2. Abstrak
    3. Latar Belakang , Tujuan dan Manfaat
    4. Metode
    5. Kemajuan implementasi canggih mock-up/model (sumber daya , spesifikasi sensor , bagan rangkaian alat , desain 3D alat)
    6. Analisis fungsional dan cara kerja hasil implementasi
    7. Perkembangan Implementasi (yang sudah dan yang mau dikerjakan).
    8. Daftar Pustaka
  3. Video perkembangan karya penemuan mesti memperhatikan hal-hal berikut:
    1. Video mesti sanggup menerangkan citra lazim karya inovasi.
    2. Mencantumkan teaser/intro LIDM di permulaan dan/atau akhir.
    3. Video MP4 720p berdurasi maks. 3 menit (di luar teaser).
    4. Video diunggah ke YouTube dengan format judul: “LIDM 2019 - Divisi I - ID Tim - Nama Tim - Judul Karya.mp4”.
    5. Video mesti sanggup menawan bagi penanam modal dan pengguna
Babak Final
  1. Tim peserta yang dinyatakan selaku finalis wajib hadir on-site di venue kontes babak penentu untuk menjalankan penyajian dan demo karya penemuan di hadapan tim juri.
  2. Untuk setiap tim finalis dialokasikan waktu optimal 30 menit (5 menit untuk antisipasi , 10 menit penyajian dan demo , 15 menit tanya-jawab dengan tim juri).
  3. Urutan penyajian diputuskan dari undian pada di saat technical meeting peserta.
  4. File penyajian dikirim ke subdit.penalaran.kravitias@gmail.com dalam bentuk PDF optimal 8 MB dengan penamaan file “LIDM 2010 - Divisi I - ID Tim - Nama Tim – Final.pdf”. 
Penilaian
  1. Penilaian Tahap I
  2. Penilaian Tahap II
  3. Penilaian Babak Final

DIVISI II – LOMBA KREASI MATERI PENDIDIKAN

Tahap I – Proposal Karya Kreasi
  1. Untuk Babak I , tim peserta menyusun dan mengunggah proposal karya kreasi.
  2. Proposal dikirim ke subdit.penalaran.kreavitias@gmail.com dalam bentuk PDF optimal 8 MB dengan penamaan file “LIDM 2019 - Divisi II - ID Tim - Nama Tim – Proposal.pdf”.
  3. Proposal , terdiri dari:
    1. Cover , menampung judul/nama penemuan , namatim dan anggota , logo Kemenristekdikti di pojok kiri atas , logo sekolah tinggi tinggi di pojok kanan atas
    2. Abstrak
    3. Latar Belakang
    4. Tujuan dan Manfaat
    5. Metode
    6. Desain karya kreasi
    7. Analisis kreasi dan content
    8. Rencana Implementasi
    9. DaftarPustaka
Tahap II - Laporan Kemajuan Karya Kreasi
  1. Peserta mengunggah Laporan Kemajuan dan Video  30/42 tim.
  2. Laporan Kemajuan dikirim ke subdit.penalaran.kreavitias@gmail.com dalam bentuk PDF optimal 8 MB dengan penamaan file “LIDM 2010 - Divisi II - ID Tim - Nama Tim – Kemajuan.pdf”. Terdiri dari:
    1. Cover: menyerupai untuk proposal
    2. Abstrak
    3. Latar Belakang , Tujuan dan Manfaat
    4. Metode
    5. Kemajuan canggih karya kreasi dan content
    6. Analisis fungsional dan cara penggunaan hasil karya kreasi dan content
    7. Perkembangan implementasi (yang sudah dan yang mau dikerjakan).
    8. Daftar Pustaka
  3. Video perkembangan karya kreasi dan konten mesti memperhatikan hal-hal berikut:
    1. Video mesti sanggup menerangkan citra lazim karya kreasi dan content.
    2. Mencantumkan teaser/intro LIDM di permulaan dan/atau akhir.
    3. Video MP4 720p berdurasi maks. 3 menit (di luar teaser).
    4. Video diunggah ke YouTube dengan format judul : “LIDM 2019 - Divisi II - ID Tim - Nama Tim - Judul Karya.mp4”.
    5. Video mesti sanggup menawan bagi penanam modal dan pengguna.
Babak Final 
  1. Tim peserta yang dinyatakan selaku finalis wajib hadir on-site di venue kontes babak penentu untuk menjalankan penyajian dan demo karya kreasi di hadapan tim juri. 
  2. Untuk setiap tim finalis dialokasikan waktu optimal 30 menit (5 menit untuk antisipasi , 10 menit penyajian dan demo , 15 menit tanya-jawab dengan tim juri). 
  3. Urutan penyajian diputuskan dari undian pada di saat technical meeting peserta. 
  4. File penyajian dikirim ke subdit.penalaran.kreavitias@gmail.com dalam bentuk PDF optimal 8 MB dengan penamaan file “LIDM 2010 - Divisi II - ID Tim - Nama Tim – Final.pdf”. 
Penilaian
  1. Penilaian Tahap I
  2. Penilaian Tahap II
  3. Penilaian Babak Final
DIVISI III – LOMBA KREASI VIDEO SDGs
  1. Lomba kreasi video ini dilaksanakan secara daring sepenuhnya dan cuma berjalan dalam satu babak.
  2. Peserta menghasilkan karya kreasi video dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs) berbasis pendidikan.
  3. Kreasi dan konten video mesti memperhatikan hal-hal berikut:
    1. Video berisi muatan pesan yang cocok dengan tema SGDs berbasis pendidikan.
    2. Mencantumkan teaser/intro LIDM di permulaan dan/atau akhir.
    3. Video MP4 720p berdurasi optimal 3 menit (di luar teaser).
    4. Video diunggah ke YouTube dengan format judul : “LIDM 2019 - Divisi III - ID Tim - Nama Tim - Judul Karya.mp4”.
    5. Video mesti menawan perhatian masyarakat.
  4. Penilaian
DIVISI IV – LOMBA KREASI POSTER PENGHORMATAN GENDER
  1. Lomba kreasi poster ini dilaksanakan secara daring sepenuhnya dan cuma berjalan dalam satu babak.
  2. Peserta menghasilkan karya kreasi poster digital dengan tema Penghomatan Gender (penghormatan terhadap kesetaraan gender , pencegahan pelecehan seksual) berbasis pendidikan.
  3. Kreasi dan konten poster mesti memperhatikan hal-hal berikut:
    1. Poster berisi muatan pesan yang cocok dengan tema Penghomatan Gender berbasis pendidikan.
    2. Mencantumkan logo Kemenristekdikti , Perguruan Tinggi
    3. Poster ialah gambar membisu sebanyak satu halaman.
    4. Poster dibentuk dengan komposisi pesan visual maupun mulut yang kuat.
    5. Poster diunggah ke InstaGram dengan tagar/hashtag : #LIDM 2019 - Divisi IV - ID Tim - Nama Tim - Judul Karya
    6. Poster mesti menawan perhatian masyarakat.
  4. Penilaian

D. Jadwal Pelaksanaan Lomba
  • Dari Divisi III dan Divisi IV , pada Babak Final cuma untuk mendatangkan para juara , sebab keseluruhan kontes dan analisa bersifat daring

E. Pendaftaran Peserta
  1. Registrasi Kepesertaan:
    1. Registrasi Perguruan Tinggi Peserta
    2. Registrasi Tim Peserta/Karya
    3. Pengantar Perguruan Tinggi
    4. Pernyataan bahwa karya yang dilombakan belum pernah diikutsertakan pada persaingan lain (diketahui Pimpinan Fakultas/Departemen/Jurusan Bidang Kemahasiswaan)
  2. Registrasi Babak Final
    1. Registrasi Tim Finalis (Mahasiswa)
    2. Registrasi Kehadiran Pembina dan Pimpinan Perguruan Tinggi di Babak Final 

F. Persyaratan Umum Peserta 
  1. Persyaratan Peserta:
    1. Perguruan Tinggi peserta yakni sekolah tinggi tinggi yang terdaftar pada laman PD DIKTI (http://forlap.dikti.go.id). 
    2. Peserta yakni mahasiswa aktif yang terdaftar pada sekolah tinggi tinggi dan terdaftar pada pada laman PD DIKTI (http://forlap.dikti.go.id) pada di saat dilakukan registrasi tim peserta. 
    3. Peserta yakni mahasiswa Program D3 (maksimal semester 6) atau D4/S1 (maksimal semester 8) pada Babak Final LIDM berlangsung. 
    4. 1 Tim berisikan 2 – 4 orang mahasiswa.
  2. Peserta wajib mengikuti seluruh jadwal dan hukum ketentuan persaingan sesusai Buku Panduan edisi canggih pada setiap persaingan tahunan.
  3. Untuk kontes berbasis karya kreasi , karya yang diikusertakan tidak diperkenankan mengandung elemen SARA dan plagiarisme , serta belum pernah diikutsertakan dalam persaingan lain.
  4. Presentasi karya penemuan pada babak penentu dimungkinkan terbuka (dihadiri oleh peserta lain). Keluar-masuk penonton cuma diijinkan pada di saat pergeseran tim presentasi.
Artikel ini sudah tayang di https://belmawa.ristekdikti.go.id/2019/07/01/penerimaan-proposal-lomba-inovasi-digital-mahasiswa-lidm-tahun-2019 di bawah judul Penerimaan Proposal Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel