Penerimaan Anjuran Kontes Inovasi Digital Mahasiswa (Lidm) Tahun 2019 - Kingramli.Com
PDDikti Ristekdikti |
Surat Edaran dari Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor B/2127/B.B3/KM.02.00/2019 tanggal 1 Juli 2019 wacana Penerimaan Proposal Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2019
Surat orisinil sanggup di dowload di link berikut
Yth.
1. Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Negeri
2. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I s.d XIV
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan , Kementerian Riset , Teknologi , dan Pendidikan Tinggi akan mengadakan kegiatan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2019 , kegiatan tersebut untuk mendorong Education 4.0 , Sustainable Development Goals (SDGs) , dan Penghormatan Gender dalam kehidupan sekolah tinggi tinggi di Indonesia , terutama di golongan para mahasiswa dan dosen.
Lingkup LIDM termasuk 4 divisi kontes yang mewakili sejumlah penyelesaian penting untuk menghadapi tantangan Education 4.0 , Sustainable Development Goals (SDGs) , dan Penghormatan Gender yang ditujukan bagi seminar generasi milenial , yakni :
- Divisi I : Inovasi Teknologi Digital Pendidikan
- Divisi II : Kreasi Materi Pendidikan
- Divisi III : Kreasi Video dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs)
- Divisi IV : Poster Instagram dengan tema Penghormatan Gender
Atas perhatian dan koordinasi Saudara , kami mengucapkan terima kasih.
Direktur Kemahasiswaan ,
ttd
Didin Wahidin
NIP. 196105191984031003
Tembusan:
1. Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan
2. Wakil Rektor / Wakil Ketua / Wakil Direktur Perguruan Tinggi Negeri Bidang Kemahasiswaan
3. Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I s/d XIV
LAMPIRAN
LOMBA INOVASI DIGITAL MAHASISWA (LIDM) TAHUN 2019
A. Deskripsi Lomba
1. Divisi I - Inovasi Teknologi Digital Pendidikan
- Divisi ini memperlombakan karya penemuan teknologi digital untuk pendidikan.
- Lingkup penemuan digital meliputi: media pendidikan , sumber berguru , perangkat pembelajaran , aplikasi digital untuk implementasi sistem pembelajaran berbasis SCL (Student Centered Learning) , aplikasi digital untuk administrasi pendidikan , dan lain-lain.
- Pelaksanaan kontes berisikan tiga babak , yakni Tahap I , Tahap II , dan Babak Final.
- Divisi ini memperlombakan karya kreasi bahan dan konten untuk pendidikan.
- Karya kreasi digital sanggup berbentuk: animasi , Augmented Reality , Virtual Reality , dan lain-lain.
- Pelaksanaan kontes berisikan tiga babak , yakni Tahap I , Tahap II , dan Babak Final.
- Divisi ini memperlombakan karya kreasi video yang diunggah di Youtube berdurasi optimal 3 menit.
- Karya kreasi video menampung tema Sustainable Development Goals (SDGs) berbasis pendidikan.
- Lomba kreasi video ini dilaksanakan secara daring sepenuhnya dan cuma berjalan dalam satu babak.
- Divisi ini memperlombakan karya kreasi poster yang diunggah di InstaGram berupa gambar membisu satu halaman.
- Karya kreasi poster digital menampung tema Penghomatan Gender (penghormatan terhadap kesetaraan gender , pencegahan pelecehan seksual) berbasis pendidikan.
- Lomba kreasi video ini dilaksanakan secara daring sepenuhnya dan cuma berjalan dalam satu babak.
B. Aturan Umum
Lomba dilaksanakan dalam beberapa babak:
- Pendaftaran (bersifat daring , diwajibkan untuk seluruh peserta divisi lomba)
- Tahap I (bersifat daring , diwajibkan untuk seluruh peserta divisi lomba)
- Tahap II (bersifat daring , cuma untuk Divisi I dan Divisi II LIDM)
- Babak Final (hadir di venue Final LIDM/on-site)
C. Aturan Pelaksanaan Lomba dan Penilaian
DIVISI I – LOMBA INOVASI TEKNOLOGI DIGITAL PENDIDIKAN
Tahap I – Proposal Karya Inovasi
- Babak I , tim peserta menyusun dan mengirim proposal karya inovasi.
- Proposal dikirim ke subdit.penalaran.kreavitias@gmail.com dalam bentuk PDF optimal 8 MB dengan penamaan file “LIDM 2019 - Divisi I - ID Tim - Nama Tim – Proposal.pdf”.
- Proposal , terdiri dari:
- Cover , menampung judul/nama penemuan , nama tim dan anggota , logo Kemenristekdikti di pojok kiri atas , logo sekolah tinggi tinggi di pojok kanan atas
- Abstrak
- Latar Belakang
- Tujuan dan Manfaat
- Metode
- Desain mock-up/model
- Analisis fungsional dan cara kerja
- Rencana Implementasi
- DaftarPustaka
- Peserta mengunggah Laporan Kemajuan dan Video -> 30/42 tim.
- Laporan Kemajuan dikirim ke subdit.penalaran.kravitias@gmail.com dalam PDF optimal 8 MB dengan penamaan file “LIDM 2010 - Divisi I - ID Tim - Nama Tim – Kemajuan.pdf”. Terdiri dari:
- Cover: menyerupai untuk proposal
- Abstrak
- Latar Belakang , Tujuan dan Manfaat
- Metode
- Kemajuan implementasi canggih mock-up/model (sumber daya , spesifikasi sensor , bagan rangkaian alat , desain 3D alat)
- Analisis fungsional dan cara kerja hasil implementasi
- Perkembangan Implementasi (yang sudah dan yang mau dikerjakan).
- Daftar Pustaka
- Video perkembangan karya penemuan mesti memperhatikan hal-hal berikut:
- Video mesti sanggup menerangkan citra lazim karya inovasi.
- Mencantumkan teaser/intro LIDM di permulaan dan/atau akhir.
- Video MP4 720p berdurasi maks. 3 menit (di luar teaser).
- Video diunggah ke YouTube dengan format judul: “LIDM 2019 - Divisi I - ID Tim - Nama Tim - Judul Karya.mp4”.
- Video mesti sanggup menawan bagi penanam modal dan pengguna
- Tim peserta yang dinyatakan selaku finalis wajib hadir on-site di venue kontes babak penentu untuk menjalankan penyajian dan demo karya penemuan di hadapan tim juri.
- Untuk setiap tim finalis dialokasikan waktu optimal 30 menit (5 menit untuk antisipasi , 10 menit penyajian dan demo , 15 menit tanya-jawab dengan tim juri).
- Urutan penyajian diputuskan dari undian pada di saat technical meeting peserta.
- File penyajian dikirim ke subdit.penalaran.kravitias@gmail.com dalam bentuk PDF optimal 8 MB dengan penamaan file “LIDM 2010 - Divisi I - ID Tim - Nama Tim – Final.pdf”.
DIVISI II – LOMBA KREASI MATERI PENDIDIKAN
Tahap I – Proposal Karya Kreasi
- Untuk Babak I , tim peserta menyusun dan mengunggah proposal karya kreasi.
- Proposal dikirim ke subdit.penalaran.kreavitias@gmail.com dalam bentuk PDF optimal 8 MB dengan penamaan file “LIDM 2019 - Divisi II - ID Tim - Nama Tim – Proposal.pdf”.
- Proposal , terdiri dari:
- Cover , menampung judul/nama penemuan , namatim dan anggota , logo Kemenristekdikti di pojok kiri atas , logo sekolah tinggi tinggi di pojok kanan atas
- Abstrak
- Latar Belakang
- Tujuan dan Manfaat
- Metode
- Desain karya kreasi
- Analisis kreasi dan content
- Rencana Implementasi
- DaftarPustaka
- Peserta mengunggah Laporan Kemajuan dan Video 30/42 tim.
- Laporan Kemajuan dikirim ke subdit.penalaran.kreavitias@gmail.com dalam bentuk PDF optimal 8 MB dengan penamaan file “LIDM 2010 - Divisi II - ID Tim - Nama Tim – Kemajuan.pdf”. Terdiri dari:
- Cover: menyerupai untuk proposal
- Abstrak
- Latar Belakang , Tujuan dan Manfaat
- Metode
- Kemajuan canggih karya kreasi dan content
- Analisis fungsional dan cara penggunaan hasil karya kreasi dan content
- Perkembangan implementasi (yang sudah dan yang mau dikerjakan).
- Daftar Pustaka
- Video perkembangan karya kreasi dan konten mesti memperhatikan hal-hal berikut:
- Video mesti sanggup menerangkan citra lazim karya kreasi dan content.
- Mencantumkan teaser/intro LIDM di permulaan dan/atau akhir.
- Video MP4 720p berdurasi maks. 3 menit (di luar teaser).
- Video diunggah ke YouTube dengan format judul : “LIDM 2019 - Divisi II - ID Tim - Nama Tim - Judul Karya.mp4”.
- Video mesti sanggup menawan bagi penanam modal dan pengguna.
- Tim peserta yang dinyatakan selaku finalis wajib hadir on-site di venue kontes babak penentu untuk menjalankan penyajian dan demo karya kreasi di hadapan tim juri.
- Untuk setiap tim finalis dialokasikan waktu optimal 30 menit (5 menit untuk antisipasi , 10 menit penyajian dan demo , 15 menit tanya-jawab dengan tim juri).
- Urutan penyajian diputuskan dari undian pada di saat technical meeting peserta.
- File penyajian dikirim ke subdit.penalaran.kreavitias@gmail.com dalam bentuk PDF optimal 8 MB dengan penamaan file “LIDM 2010 - Divisi II - ID Tim - Nama Tim – Final.pdf”.
DIVISI III – LOMBA KREASI VIDEO SDGs
- Lomba kreasi video ini dilaksanakan secara daring sepenuhnya dan cuma berjalan dalam satu babak.
- Peserta menghasilkan karya kreasi video dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs) berbasis pendidikan.
- Kreasi dan konten video mesti memperhatikan hal-hal berikut:
- Video berisi muatan pesan yang cocok dengan tema SGDs berbasis pendidikan.
- Mencantumkan teaser/intro LIDM di permulaan dan/atau akhir.
- Video MP4 720p berdurasi optimal 3 menit (di luar teaser).
- Video diunggah ke YouTube dengan format judul : “LIDM 2019 - Divisi III - ID Tim - Nama Tim - Judul Karya.mp4”.
- Video mesti menawan perhatian masyarakat.
- Penilaian
- Lomba kreasi poster ini dilaksanakan secara daring sepenuhnya dan cuma berjalan dalam satu babak.
- Peserta menghasilkan karya kreasi poster digital dengan tema Penghomatan Gender (penghormatan terhadap kesetaraan gender , pencegahan pelecehan seksual) berbasis pendidikan.
- Kreasi dan konten poster mesti memperhatikan hal-hal berikut:
- Poster berisi muatan pesan yang cocok dengan tema Penghomatan Gender berbasis pendidikan.
- Mencantumkan logo Kemenristekdikti , Perguruan Tinggi
- Poster ialah gambar membisu sebanyak satu halaman.
- Poster dibentuk dengan komposisi pesan visual maupun mulut yang kuat.
- Poster diunggah ke InstaGram dengan tagar/hashtag : #LIDM 2019 - Divisi IV - ID Tim - Nama Tim - Judul Karya
- Poster mesti menawan perhatian masyarakat.
- Penilaian
D. Jadwal Pelaksanaan Lomba
- Dari Divisi III dan Divisi IV , pada Babak Final cuma untuk mendatangkan para juara , sebab keseluruhan kontes dan analisa bersifat daring
E. Pendaftaran Peserta
- Registrasi Kepesertaan:
- Registrasi Perguruan Tinggi Peserta
- Registrasi Tim Peserta/Karya
- Pengantar Perguruan Tinggi
- Pernyataan bahwa karya yang dilombakan belum pernah diikutsertakan pada persaingan lain (diketahui Pimpinan Fakultas/Departemen/Jurusan Bidang Kemahasiswaan)
- Registrasi Babak Final
- Registrasi Tim Finalis (Mahasiswa)
- Registrasi Kehadiran Pembina dan Pimpinan Perguruan Tinggi di Babak Final
F. Persyaratan Umum Peserta
- Persyaratan Peserta:
- Perguruan Tinggi peserta yakni sekolah tinggi tinggi yang terdaftar pada laman PD DIKTI (http://forlap.dikti.go.id).
- Peserta yakni mahasiswa aktif yang terdaftar pada sekolah tinggi tinggi dan terdaftar pada pada laman PD DIKTI (http://forlap.dikti.go.id) pada di saat dilakukan registrasi tim peserta.
- Peserta yakni mahasiswa Program D3 (maksimal semester 6) atau D4/S1 (maksimal semester 8) pada Babak Final LIDM berlangsung.
- 1 Tim berisikan 2 – 4 orang mahasiswa.
- Peserta wajib mengikuti seluruh jadwal dan hukum ketentuan persaingan sesusai Buku Panduan edisi canggih pada setiap persaingan tahunan.
- Untuk kontes berbasis karya kreasi , karya yang diikusertakan tidak diperkenankan mengandung elemen SARA dan plagiarisme , serta belum pernah diikutsertakan dalam persaingan lain.
- Presentasi karya penemuan pada babak penentu dimungkinkan terbuka (dihadiri oleh peserta lain). Keluar-masuk penonton cuma diijinkan pada di saat pergeseran tim presentasi.