Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Kurun Industri 4.0 - Kingramli.Com
PDDikti Ristekdikti |
Belmawa.ristekdikti.go.id. - Perubahan kurikulum di perguruan tinggi ialah aktivitas berkala yang mesti dijalankan selaku jawaban terhadap pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) (scientific vision) , keperluan penduduk (societal needs) , serta keperluan pengguna lulusan (stakeholder needs). Permasalahan yang sering muncul di kelompok akademisi yaitu pengertian mengenai bagaimana menjalankan rekonstruksi kurikulum pendidikan tinggi yang masih sangat beragam baik antar acara studi sejenis maupun antar perguruan tinggi.
Berdasarkan perkara tersebut Direktorat Pembelajaran , Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan , Kemenristekdikti , menerbitan buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi biar sanggup digunakan selaku pedoman dalam menjalankan penyusunan kurikulum acara studi.
Kritik dan rekomendasi dari segenap pembaca sungguh kami inginkan guna penyempurnaan buku panduan. Buku bimbingan edisi ke-3 ini disempurnakan menurut hasil evaluasi penerapan kurikulum diberbagai perguruan tinggi selama melaksanakan bimbingan teknis maupun sosialisasi penyusunan kurikulum yang mengacu kepada SN-DIKTI serta masukan dari banyak sekali pihak sehingga memerlukan perbaikan dibeberapa bab buku pedoman ini.
Pada potensi ini saya menyodorkan terima kasih dan penghargaan terhadap tim penulis buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi serta pada semua pihak yang sudah menampilkan sumbang rekomendasi dan pikiran yang sarat dedikasi hingga dalam merealisasikan penyempurnaan penulisan buku bimbingan edisi ke-3.
Semoga buku bimbingan ini berharga bagi kita semua dalam rangka menyusun kurikulum dan melaksanakan pembelajaran di perguruan tinggi yang tepat dengan SN-DIKTI.
Direktur Pembelajaran ,
ttd
Paristiyanti Nurwardani
Lampiran :
Panduan Kurikulum 4.0
Sumber : belmawa.ristekdikti.go.id