Contoh Soal Dan Balasan Asessment Pra Agenda Tahap Satu Bimtek Guru Mencar Ilmu Seri Akm Tingkat Smp - Infoguruku
Contoh Soal dan Jawaban Asessment Pra Program Tahap Satu Bimtek Guru Belajar Seri AKM tingkat SMP_ Seperti yang dikutip dari laman https://gurubelajar-akm.simpkb.id/ yang menyatakan bahwa Asesmen Pra Program ini berniat untuk mengenali tingkat pengertian permulaan Anda. Untuk itu , Anda diminta menjawab sesuai dengan kesanggupan Anda. Anda akan diberikan soal-soal opsi ganda yang terdiri atas 30 soal. Berikut ini yakni pola soal dan balasan asessment pra jadwal tahap 1:
1. Pernyataan yang benar perihal Asesmen Nasional yaitu….
a. Digunakan selaku dasar perbaikan mutu pembelajaran
b. Digunakan selaku penilaian untuk penentuan nilai individu
c. Diberikan di simpulan jenjang selaku penentuan kelulusan siswa
d. Diberikan untuk menganggap prestasi pendidikan setiap daerah
2. Dalam Asesmen Nasional pemetaan faktor penunjang mutu pembelajaran di lingkungan sekolah ditangani melalui….
a. Survei karakter
b. Survei lingkungan belajar
c. Asesmen Kompetensi Minimum
d. Survei mutu sekolah
3. Salah satu instrumen Asesmen Nasional yakni survei karakter. Dalam pelaksanaannya survei abjad memiliki tujuan utama yaitu….
a. Mengukur mutu pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa
b. Mengukur hasil berguru non kognitif menyangkut perilaku , kebiasaan , dan nilai-nilai pancasila
c. Mengukur hasil berguru secara kognitif lewat kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
d. Mengukur kesanggupan akademik siswa dilihat dari nilai simpulan siswa selaku penentu mutu sekolah
4. Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional adalah….
a. Ujian Nasional ditangani pada siswa kelas V , VII , dan XI sedangkan Asesmen Nasional untuk tingkat akhir
b. Ujian Nasional ditangani selama 1 ahad sedangkan Asesmen Nasional ditangani selama 4 hari
c. Ujian Nasional ditangani pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel
d. Ujian Nasional ditangani secara daring , luring , dan blended sedangkan Asesmen Nasional dilakukan
secara daring
5. Pernyataan yang sempurna perihal ragam butir soal yang digunakan dalam Asesmen Kompetensi Minimum yaitu….
a. Jumlah butir soal yang diujikan pada semua setiap jenjang sama yakni sejumlah 30 soal
b. Semua siswa pada setiap jenjang pendidikan akan melakukan soal dengan tingkat kesusahan sama
c. Soal asesmen terdiri atas opsi ganda , menjodohkan , isian singkat , dan uraian
d. Kompetensi fundamental yang dipelajari setiap siswa berlainan sesuai dengan peminatannya
6. Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) , konten dalam literasi membaca mencakup….
a. Teks keterangan dan teks fiksi
b. Teks mekanisme dan teks mekanisme kompleks
c. Teks pengamatan dan teks deskripsi
d. Teks ihwal dan teks argumentasi
7. Kompetensi minimum yang dimaksudkan dalam AKM adalah….
a. Kompetensi dasar siswa untuk mempelajari materi apapun
b. Kompetensi dasar yang mesti dimiliki sekolah
c. Kompetensi matematika dan Bahasa Indonesia siswa
d. Kompetensi minimal setara yang mesti dimiliki siswa
8. Asesmen Kompetensi Minimum dan Ujian Nasional memiliki beberapa perbedaan tergolong dalam konteks soal. Dari pernyataan berikut manakah yang menampilkan ciri-ciri soal Asesmen Kompetensi Minimum?
a. Konteks masalah yang diberikan bersifat berkala dan sederhana
b. Soal bersifat berkaitan dengan dunia positif dan aplikatif
c. Soal mengacu pada penyelesaian sesuai desain yang dipelajari
d. Dalam soal teks yang dihidangkan pendek tetapi kurang mendalam
9. Manakah dalam pernyataan berikut yang ialah keistimewaan dari Asesmen Kompetensi Minimum
dibandingkan dengan soal Ujian Nasional?
a. Mutu pendidikan diukur dari penilaian konten yang esensial pada mata pelajaran tertentu
b. Penentuan dan pemetaan kesanggupan siswa untuk sanggup melanjutkan ke jenjang berikutnya
c. Kemampuan kognitif menjadi hal utama sehingga lebih menekankan pada penguasaan materi
d. Menekankan pada penguasaan kompetensi , dan penerapannya dalam aneka macam konteks kehidupan
10. Dari yang telah dipelajari perihal Asesmen Kompetensi Minimum maka sanggup ditarik kesimpulan bahwa….
a. Asesmen Kompetensi Minimum akan menghipnotis penyelenggaraan kesibukan kelulusan siswa
b. Dengan Asesmen Kompetensi Minimum sekolah tidak lagi melakukan Ujian Sekolah (US)
c. Hasil Asesmen Kompetensi Minimum untuk memeriksa di aneka macam faktor pembelajaran
d. Asesmen Kompetensi Minimum ditangani juga untuk mengukur penguasaan siswa terhadap konten
11. Guru Rani menyediakan pembelajaran perihal pola pada barisan bilangan dan konfigurasi objek hal ini ialah konten pembelajaran….
a. Bilangan
b. Pengukuran dan geometri
c. Aljabar
d. Data dan ketidakpastian
12. Asesmen numerasi untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama , terdapat berapa level pembelajaran….
a. 1 level pembelajaran
b. 2 level pembelajaran
c. 3 level pembelajaran
d. 4 level pembelajaran
13. Guru Sandi menyediakan suatu bacaan sastra , kemudian Guru Sandi meminta siswanya untuk menganalisis pergantian pada peristiwa , abjad , setting , alur dongeng serta pertentangan yang terjadi. Hal yang ditangani oleh Guru Sandi ialah bab dari tingkat kognitif dalam asesmen literasi yaitu….
a. Menemukan informasi
b. Memahami informasi
c. Mengevaluasi dan merefleksi
d. Menyusun inferensi
14. Guru Ratna menyediakan suatu teks keterangan terhadap siswanya kemudian Guru Sandi meminta siswanya menerangkan ilham pokok dan beberapa ilham penunjang pada teks keterangan , hal yang ditangani Guru Ratna tergolong dalam kesibukan kognitif literasi yaitu….
a. Menemukan informasi
b. Memahami informasi
c. Mengevaluasi dan merefleksi
d. Menilai mutu dan dapat diandalkan informasi
15. Guru Reza meminta siswanya untuk menganggap kesesuaian penyeleksian warna , tata letak , dan penunjang visual yang digunakan oleh penulis dalam menyodorkan pesan. Dalam asesmen literasi hal yang ditangani oleh guru Reza ialah tingkat kognitif literasi yaitu….
a. Menemukan informasi
b. Memahami informasi
c. Menyusun inferensi
d. Mengevaluasi dan merefleksi
16. Asesmen literasi untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama akan diujikan….
a. 1 level pembelajaran
b. 2 level pembelajaran
c. 3 level pembelajaran
d. 4 level pembelajaran
17. Manakah diantara kesibukan numerasi berikut yang tergolong dalam konten aljabar?
a. Memahami pola pada barisan bilangan dan konfigurasi objek
b. Menghitung volume bangkit ruang dan luas permukaan
c. Memahami bilangan cacah optimal 6 angka
d. Menentukan dan menggunakan mean , median , modus
18. Manakah di antara materi berikut ini yang menampilkan korelasi antara numerasi dengan mata pelajaran IPA SMP/MTS?
a. Menghitung persentase pajak
b. Menghitung luas segitiga dan lingkaran
c. Mengurutkan bilangan cacah
d. Membandingkan berat aneka macam benda
19. Perbedaan asesmen literasi Sekolah Menengah Pertama antara level 1 dan 2 yaitu….
a. Memiliki proses kognitif yang serupa tetapi tingkat kesusahan berlainan sesuai dengan jenjangnya
b. Memiliki konten yang serupa tetapi proses kognitif yang berlainan sesuai dengan jenjangnya
c. Memiliki konten dan proses kognitif yang serupa , cuma konteks yang berbeda
d. Memiliki proses kognitif , konten literasi , dengan kesusahan yang serupa untuk setiap jenjangnya
20. Bagaimana keterkaitan antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan kecakapan era 21 yang mesti dimiliki oleh siswa pada jenjang SMP/MTS?
a. Mengharuskan siswa memiliki wawasan dan keahlian di aneka macam bidang pembelajaran
b. Mendorong siswa berpikir kritis untuk penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari
c. Mendorong siswa untuk menerima prestasi yang bagus untuk melanjutkan pada jenjang berikutnya
d. Memastikan semua siswa memiliki wawasan sesuai kriteria yang mesti dimiliki oleh siswa SMP
21. Salah satu ciri pembelajaran berbasis kompetensi adalah….
a. Berpusat pada materi pembelajaran
b. Belajar untuk cakupan materi
c. Belajar untuk pengertian desain dan keterampilan
d. Berorientasi pada nilai akhir
22. Berikut yakni beberapa pernyataan perihal pembelajaran berbasis konten dan pembelajaran berbasis kompetensi:
1. Menunjukkan kinerja dengan menerapkan konsep
2. Pembelajaran terkait dengan konteks kehidupan positif siswa
3. Belajar untuk cakupan materi yang mesti dikuasai
4. Berorientasi pada konteks dan penguasaan kompetensi
5. Berorientasi pada nilai akhir
6. Menjawab serangkaian pertanyaan topik menurut teks
Manakah pernyataan yang menampilkan pembelajaran berbasis konten?
a. 1) , 3) , 5)
b. 2) , 4) , 5)
c. 3) , 5) , 6)
d. 1) , 4) , 6)
23. Dari hasil AKM didapatkan bahwa siswa bisa mengaplikasikan wawasan yang dimiliki dalam konteks yang lebih bervariasi maka siswa tersebut sanggup dikategorikan dalam kelompok….
a. Perlu intervensi khusus
b. Dasar
c. Cakap
d. Mahir
24. Guru Cleo menyediakan soal teks dan didapatkan siswa bisa mengintegrasikan beberapa keterangan teks pada bacaan yang berlainan maka siswa tersebut sanggup dikategorikan dalam kelompok….
a. Perlu intervensi khusus
b. Dasar
c. Cakap
d. Mahir
25. Bagaimana keterkaitan antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan kriteria kurikulum secara keseluruhan?
a. Asesmen Kompetensi Minimum terikat secara bersahabat dengan konten kurikulum
b. Asesmen Kompetensi Minimum mengukur penguasaan siswa atas konten kurikulum secara keseluruhan
c. Asesmen Kompetensi Minimum memperhatikan apa yang sebaiknya diajarkan oleh guru pada tiap
kelas
d. Asesmen Kompetensi Minimum terlepas dari keseluruhan kurikulum sekolah
26. Soal dalam asesmen literasi menggunakan proses kognitif yang lebih baik dibandingkan Ujian Nasional alasannya yakni terdapat proses gres yaitu….
a. Mencari , mengakses , serta menerima keterangan dari bacaan
b. Memahami keterangan tersirat maupun tersurat dari bacaan
c. Memadukan interpretasi (pemahaman) pada bab teks untuk menciptakan kesimpulan
d. Mengevaluasi dan mencerminkan isi teks dengan hal lain diluar teks maupun pengalamannya
27. Bagaimana hasil Asesmen Kompetensi Minimum (literasi dan numerasi) sanggup digunakan untuk menyusun taktik pembelajaran yang efektif dan bermutu terhadap pembelajaran lain?
a. Menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa
b. Melakukan penilaian sanggup berdiri diatas kaki sendiri untuk mata pelajaran lain
c. Menyusun pembelajaran sesuai konten materi pada asesmen
d. Menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat kompetensi paling rendah siswa
28. Dalam asesmen numerasi siswa dituntut untuk bernalar menggunakan desain matematika dan menyediakan penyelesaian yang lebih aplikatif sehingga soal yang diberikan akan mendorong siswa untuk….
a. Menyelesaikan soal sesuai desain matematika
b. Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
c. Memahami data dalam bentuk tabel maupun grafik
d. Memahami fakta , mekanisme , serta alat matematika
29. Apa tindak lanjut yang sanggup diambil oleh sekolah terkait hasil AKM?
a. Memetakan pencapaian siswa dalam AKM yang sanggup digunakan untuk seleksi masuk ke jenjang
sekolah yang lebih tinggi
b. Menyusun dan melakukan jadwal pengayaan untuk mendorong prestasi berguru siswa lebih baik
lagi
c. Mendorong siswa untuk mendapat skor tinggi dan mengesampingkan pelajaran yang tidak berkaitan dengan AKM
d. Merefleksi hasil AKM dalam pembelajaran sehingga guru-guru sanggup membangun kompetensi
serta abjad siswa
30. Bagaimana keterkaitan antara pelaksanaan AKM dan tantangan pembelajaran berbasis kompetensi yang dihadapi guru?
a. Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk menyediakan keterangan mengenai
tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
b. Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum berupa nilai yang sejalan dengan karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi yang berkonsentrasi capaian hasil simpulan berupa nilai
c. Pelaporan Asesmen Kompetensi Minimum akan menolong guru merencanakan materi pembelajaran untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan pembelajaran berbasis kompetensi
d. Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum akan menyediakan kriteria penguasaan yang harus
dimiliki oleh siswa sehingga semua siswa akan meraih level ahli bersamaan
selanjutnya , berikut ini kami lampirkan pola soal dan balasan assesmen pra jadwal tahap satu bimtek guru berguru seri AKM tingkat Sekolah Menengah Pertama yang berformatkan pdf.
Demikianlah keterangan perihal pola soal dan balasan asesmen pra jadwal tahap satu Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SMP. Semoga berharga buat semua.