-->

Panduan Jadwal Berguru Dari Rumah Bersama Tvri ( 27 April 2020 - 3 Mei 2020 )

Program Belajar dari Rumah (selanjutnya disebut BDR) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak mencar ilmu di rumah sebab terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan dalam acara BDR mencakup tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, Sekolah Menengah Pertama dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan acara keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam BDR ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.



Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain acara BDR yaitu untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan huruf positif.




PAUD | Panduan untuk Orang Tua

Sebelum tayangan - Kurang lebih 10 menit sebelum acara ditayangkan, orang bau tanah sanggup melaksanakan hal ini:
- Mengajak anak duduk bersama dengan perilaku rileks.
- Menjelaskan sekilas ihwal tayangan mengenai apa yang akan ditonton dan tokoh-tokoh inti menyerupai Elmo dan Tatan dalam Jalan Sesama.
- Menyampaikan lamanya tayangan dan kegiatan yang akan dilakukan dengan anak.

Saat tayangan - Alternatif kegiatan yang sanggup dilakukan bersama anak ketika melihat tayangan yaitu sebagai berikut:
Gerak dan Lagu - Orang bau tanah mengajak anak bernyanyi dan mengikuti gerakan tokoh atau lagu-lagu menyerupai yang dicontohkan di tayangan Jalan Sesama.
Berdialog dengan Anak - Kembangkan obrolan interaktif dengan anak ihwal topik yang sedang dibahas di tayangan Jalan Sesama. Selain itu, orang bau tanah juga sanggup mengajak anak bermain kiprah mengikuti tokoh yang dicontohkan dalam tayangan.

Sesudah tayangan - Orang bau tanah sanggup mengajak anak melaksanakan kegiatan alternatif sebagai berikut:
- Membacakan Buku Cerita ke Anak - Selesai membacakan cerita, orang bau tanah sanggup berdialog dengan dengan anak ihwal tokoh-tokoh yang ada dalam buku dongeng yang dibacakan.
- Menggambar - Setelah menggambar, tanyakan apa yang digambar oleh anak dan tuliskan apa yang diceritakan anak pada cuilan atas kertas. Dokumentasikan gambar tersebut.
- Membuat Kolase atau Mozaik - Untuk kreasi, sanggup menentukan gambar berbentuk hewan, tumbuhan, atau gambar pemandangan alam.
- Berkebun - Misalnya menyiram tanaman, menanam tanaman, dll.

Sesuaikan waktu kegiatan dengan kondisi dan usia anak. Dalam melaksanakan kegiatan bersama anak yang diutamakan yaitu proses pengerjaan kegiatan dimana anak merasa senang, tidak terbebani, terjalin kelekatan dan komunikasi yang baik dengan anak, dan ada nilai-nilai moral yang terbangun.




SD Kelas 1-3 | Panduan untuk Orang Tua
Kompetensi Literasi
Berikut hal yang sanggup dilakukan orang bau tanah untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
  1. Pandulah anak memahami aba-aba verbal dari tayangan acara dengan cara meminta anak mengulanginya. orang bau tanah juga perlu mengajukan pertanyaanpertanyaan kepada anak ihwal kata-kata yang belum dipahami, kemudian membantu menjelaskannya. Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk menciptakan kalimat dari kata-kata tersebut.
  2. Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali aba-aba tersebut.
  3. Pandulah anak untuk memberikan pendapatnya dengan melaksanakan diskusi.
  4. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibentuk anak.
  5. Bantu anak supaya sanggup memberikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut.
  6. Orang bau tanah dibutuhkan sanggup mengarahkan anak supaya sanggup mengemukakan pendapatnya lewat diskusi.  intalah anak memberikan gagasannya secara lisan. Jika memungkinkan, direkam.
  7. Untuk kiprah tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya.


Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang sanggup dilakukan orang bau tanah untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:
  1. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan. 
  2. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang bau tanah dibutuhkan ikut memahami materi yang disampaikan.
  3. Perhatikan apakah anak memahami kiprah yang disampaikan dalam tayangan.
  4. Pandulah anak untuk mengerjakan kiprah tersebut.
  5. Berdiskusilah dengan guru kalau anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.


SD Kelas 4-6 | Panduan untuk Orang Tua
Kompetensi Literasi
Berikut hal yang sanggup dilakukan orang bau tanah untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
  1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik verbal maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang bau tanah perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.
  2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya.Jika orang bau tanah mengalami kesulitan, sanggup diskusi bersama keluarga dan guru.
  3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi perilaku yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, gotong royong orang bau tanah dan anak menyimpulkan bacaan.

Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang sanggup dilakukan orang bau tanah untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:
  1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang bau tanah dibutuhkan ikut memahami materi yang disampaikan.
  2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian kiprah yang diberikan dengan mengusut kembali apa yang sudah dikerjakan anak.
  3. Untuk kiprah yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari tumpuan lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru kalau anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
  4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibentuk anak.


SMP | Panduan untuk Orang Tua
Kompetensi Literasi

Berikut hal yang sanggup dilakukan orang bau tanah untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak
dari melihat tayangan:
  1. Jika memungkinkan, perhatikan apakah anak menyimak tayangan dengan baik.
  2. Ajaklah anak berdiskusi sesudah menyaksikan tayangan acara dengan memperhatikan kesantunan berbahasa.
  3. Pandulah anak mengerjakan kiprah yang disampaikan dalam tayangan.
  4. Berikanlah semangat dan dukungan kepada anak untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran lainnya sebagai umpan balik dari hasil tayangan program.
  5. Bacalah hasil pekerjaan anak. Berikanlah semangat, motivasi, dan wangsit dari kehidupan yang sanggup menguatkan huruf anak.
Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang sanggup dilakukan orang bau tanah untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:
  1. Jika memungkikan, perhatikan apakah anak menyimak tayangan dengan baik.
  2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan.
  3. Berilah motivasi untuk penyelesaian kiprah yang diberikan dengan mengusut kembali apa yang sudah dikerjakan anak.
  4. Untuk kiprah yang rumit atau perlu penyelesaian, arahkan anak untuk mencari tumpuan lainnya dari buku.
  5. Jika memungkikan, berdiskusilah dengan guru apabila anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
  6. Berikan penghargaan untuk upaya yang telah dilakukan anak untuk menuntaskan tugas.
SMP | Panduan untuk Siswa
Kompetensi Literasi
Berikut hal yang sanggup kau lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi dari melihat tayangan:
  1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan dengan baik untuk memahami keseluruhan ide pokok dan bukti pendukung info dengan data yang akurat dan juga tepat.
  2. Berdiskusilah dengan orang bau tanah atau saudaramu untuk merumuskan dugaan yang masuk logika yang sanggup diuji ihwal bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi dengan sangat sempurna menurut kiprah yang diberikan.
  3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika menuliskan pendapat atau gagasan.
  4. Pastikan tumpuan atau rujukan yang kau ambil yaitu rujukan yang akurat dan benar.
  5. Kutiplah info yang mempunyai nilai kebaruan, relevan dengan kondisi sekarang, dan potensial untuk diwujudkan.
  6. Berkomunikasilah dengan baik dengan melihat situasi kondisi lawan bicara serta gunakan memperhatikan norma kesopanan.
Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang sanggup kau lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi dari melihat tayangan:
  1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan dengan baik untuk memahami materi yang disampaikan.
  2. Berusahalah untuk mengerjakan kiprah yang disampaikan.
  3. Pergunakan sumber lain untuk membantu mengerjakan tugas.
  4. Catatlah hal-hal yang belum sanggup kau pahami dengan baik sebagai materi diskusi dengan orang bau tanah dan/atau dengan guru serta temanmu dengan memakai gawai.
  5. Mintalah bimbingan dari orang bau tanah atau saudaramu kalau memungkinkan.


SMA/SMK | Panduan untuk Siswa
Kompetensi Literasi
Berikut hal yang sanggup kau lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi dari melihat tayangan:
  1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simak tayangan dengan baik supaya kau sanggup memahami info secara akurat yang disampaikan dalam tayangan.
  2. Ajaklah orang bau tanah atau saudaramu untuk berdiskusi ihwal info tayangan. Sampaikan pendapat, tanggapan, gagasan, kekaguman, bahkan kritikanmu terhadap seseorang, sesuatu, atau data yang ditayangkan.
  3. Analisislah setiap info yang ada dalam tayangan, contohnya keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan untuk masa depanmu.
  4. Catatlah kata-kata yang baru, baik dari bahasa tempat atau bahasa asing, dari tayangan. Tanyalah artinya kepada orang di sekitarmu atau cari di kamus atau Internet supaya perbendaharaan kosakatamu bertambah.
  5. Apabila kau ingin membuatkan talenta dan minatmu dalam menulis ilmiah, lakukanlah penelitian sederhana. Topiknya sanggup dari hasil menyimak tayangan acara atau sesuatu yang menarik perhatianmu. Identifikasi masalahnya, susun kerangka pemikiran, rumuskan hipotesis, uji hipotesis, lakukan pembahasan, dan tarik kesimpulan dari penelitian ini. Cari info dari buku, Internet, dan orang-orang di sekitarmu.
Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang sanggup kau lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi dari melihat tayangan:
  1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan dengan baik untuk memahami materi yang disampaikan.
  2. Berusahalah untuk mengerjakan kiprah yang disampaikan.
  3. Pergunakan sumber lain untuk membantu mengerjakan tugas.
  4. Catatlah hal-hal yang belum sanggup kau pahami dengan baik sebagai materi diskusi dengan orang bau tanah dan/atau dengan guru serta temanmu dengan memakai gawai.
  5. Mintalah bimbingan dari orang bau tanah atau saudaramu kalau memungkinkan.
Silahkan Unduh Panduan Program Belajar dari Rumah Bersama TVRI - Minggu ke 3 (27 April - 3 Mei 2020) Pada link Dibawah ini :


Panduan Program Belajar TVRI 27 April - 3 Mei 2020 ( Unduh Disini )

Demikian Kami sampaikan Panduan Program Belajar dari Rumah Bersama TVRI - Minggu ke 3 (27 April - 3 Mei 2020)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel