Rpp Matematika Kelas 8 Smp/Mts Semester 2 Dan 1 K13 Revisi 2018
RPP Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 dan 1 K13 Revisi 2018 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan guru di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar semoga sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.
RPP Matematika Kelas 8 Kurikulum 2013 revisi terbaru wajib dibuat oleh guru alasannya ialah dengan RPP kita sanggup dengan gampang dalam memberikan materi pembelajaran.
Berbicara RPP, pada postingan ini saya akan berbagi RPP Matematika Kelas 8 jenjang SMP/MTs Semester 2 dan semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang bisa anda unduh secara gratis. Adapun contoh RPP Matematika Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 sebagai berikut;
Bapak/ ibu guru sobat yang berbahagia, perlu bapak dan ibu ketahui bersama bahwa, RPP Matematika kelas 8 K13 Revisi 2018 ini bahwasanya RPP Matematika kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017, yang bisa bapak dan ibu guru gunakan sebagai materi rujukan dalam pembuatan RPP kelas 8 tahun pelajaran 2018/2019.
Selengkapnya, bagi bapak dan ibu guru yang ingin mengunduh RPP Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 dan 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 melaui tautan dibawah ini;
Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV).docx, Unduh
Pola Bilangan.docx, Unduh
Bidang Cartesius.docx, Unduh
Relasi dan Fungsi.docx, Unduh
Persamaan Garis Lurus.docx, Unduh
Teorema Pythagoras.docx, Unduh
Lingkaran.docx, Unduh
Bangun Ruang Sisi Datar.doc, Unduh
Statistik.docx, Unduh
Peluang.docx, Unduh
Demikian RPP Matematika Kelas 8 jenjang SMP/MTs Semester 2 dan semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang sanggup saya bagikan, semoga bermanfaat.
RPP Matematika Kelas 8 Kurikulum 2013 revisi terbaru wajib dibuat oleh guru alasannya ialah dengan RPP kita sanggup dengan gampang dalam memberikan materi pembelajaran.
Berbicara RPP, pada postingan ini saya akan berbagi RPP Matematika Kelas 8 jenjang SMP/MTs Semester 2 dan semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang bisa anda unduh secara gratis. Adapun contoh RPP Matematika Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 sebagai berikut;
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII /Ganjil
Materi Pokok : Pola Bilangan
Alokasi Waktu : 5 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
· KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati sikap jujur,disiplin,santun,percaya diri,peduli, danbertanggung jawabdalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan tempat regional.
· KI3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan,teknologi,seni,budayadengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
· KI4:Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secarakreatif, produktif,kritis,mandiri,kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah aneh sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.1 Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek | · Mengidentifikasi pengertian pola bilangan · Mengidentifikasi pengertian pola konfigurasi objek · Menjelaskan salah satu konteks yang terkait dengan pola bilangan · Menjelaskan salah satu konfigurasi objek yang terkait dengan · Mengidentifikasi pola bilangan dari suatu barisan · Memahami cara menentukan taktik dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan · Menjelaskan keterkaitan antar suku-suku pola bilangan atau bentuk-bentuk pada konfigurasi objek |
4.1 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek | · Mengenal pola bilangan, barisan dan pola umumnya untuk menuntaskan duduk kasus nyata serta menemukan duduk kasus baru. · Melakukan eksperimen untuk menggeneralisasi pola bilangan atau konfigurasi objek · Menyajikan hasil pembelajaran perihal pola bilangan |
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, akseptor didik dapat:
· Mengidentifikasi pengertian pola bilangan
· Mengidentifikasi pengertian pola konfigurasi objek
· Menjelaskan salah satu konteks yang terkait dengan pola bilangan
· Menjelaskan salah satu konfigurasi objek yang terkait dengan
· Mengidentifikasi pola bilangan dari suatu barisan
· Memahami cara menentukan taktik dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan
· Menjelaskan keterkaitan antar suku-suku pola bilangan atau bentuk-bentuk pada konfigurasi objek
· Mengenal pola bilangan, barisan dan pola umumnya untuk menuntaskan duduk kasus nyata serta menemukan duduk kasus baru.
· Melakukan eksperimen untuk menggeneralisasi pola bilangan atau konfigurasi objek
· Menyajikan hasil pembelajaran perihal pola bilangan
D. Materi Pembelajaran
Pola Bilangan
Pola Bilangan
· Pola bilangan
· Pola konfigurasi objek
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Based Learning
3. Metode : Demonstrasi
F. Media Pembelajaran
- Laptop
- LCD
- Power Point
- Internet
G. Sumber Belajar
1. As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2017). Matematika Jilid I untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII. Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama(2 x 40 Menit) | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | ||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan perihal materi : Ø Pola Bilangan Ganjil v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 50 Menit ) | ||||||||||||||
| ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Pola Bilangan Ganjilberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | ||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran perihal materi Pola Bilangan Ganjilyang gres dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjilyang gres diselesaikan. v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjil. v Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pola Bilangan Ganjil. v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjilkepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. |
Bapak/ ibu guru sobat yang berbahagia, perlu bapak dan ibu ketahui bersama bahwa, RPP Matematika kelas 8 K13 Revisi 2018 ini bahwasanya RPP Matematika kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017, yang bisa bapak dan ibu guru gunakan sebagai materi rujukan dalam pembuatan RPP kelas 8 tahun pelajaran 2018/2019.
Selengkapnya, bagi bapak dan ibu guru yang ingin mengunduh RPP Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 dan 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 melaui tautan dibawah ini;
Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV).docx, Unduh
Pola Bilangan.docx, Unduh
Bidang Cartesius.docx, Unduh
Relasi dan Fungsi.docx, Unduh
Persamaan Garis Lurus.docx, Unduh
Teorema Pythagoras.docx, Unduh
Lingkaran.docx, Unduh
Bangun Ruang Sisi Datar.doc, Unduh
Statistik.docx, Unduh
Peluang.docx, Unduh
Demikian RPP Matematika Kelas 8 jenjang SMP/MTs Semester 2 dan semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang sanggup saya bagikan, semoga bermanfaat.