-->

Contoh Dan Cara Menciptakan Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Contoh dan Cara Membuat surat lamaran kerja yang baik - Surat ialah sarana komunikasi untuk memberikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Fungsinya meliputi lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan anutan kerja. Dan ...

Surat lamaran kerja merupakan faktor utama paling penting dan esensial untuk dipersiapkan sebaik mungkin sebelum seseorang melamar sebuah pekerjaan. Selain sebagai ungkapan biografi diri dan pengungkapan pengalaman dari pekerjaan sebelumnya, surat lamaran kerja yang baik juga sangat mempengaruhi tingkat kesuksesan dan faktor penentu Anda untuk diterima atau tidaknya ketika melamar sebuah pekerjaan selain wawancara kerja.


Surat lamaran kerja atau juga dikenal sebagai Curriculum Vitae (CV) sanggup dibentuk dengan goresan pena tangan maupun dengan di cetak melalui pinjaman komputer . Pada dasarnya menciptakan surat lamaran kerja yang baik diharapkan sebuah struktur rangkaian kata-kata yang baik yang terkesan elegan, kreatifitas dan kejujuran. Untuk memenuhi kriteria surat lamaran yang baik diharapkan beberapa langkah yang bisa diterapkan seperti:

1. Memberikan informasi yang lengkap dan detail

Memberikan informasi lengkap mempunyai peranan cukup penting dalam menciptakan surat lamaran kerja ibarat nama lengkap, nomor yang bisa dihubungi, alamat lengkap , alamat email dan lain sebagainya. Dalam penulisan sebaiknya Anda gunakan jenis abjad standar dan hindarkan penggunaan jenis abjad yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Surat lamaran kerja yang baik mempunyai struktur dan tampilan yang baik pula biar terlihat menarik. Adapun struktur surat lamaran kerja sebagai berikut:

Informasi personal
Pada kolom ini biasanya berisi detail informasi mengenai daerah dan tanggal lahir, kebangsaan, Negara, etnis, Negara dan status.

Informasi kontak
Pada kolom ini Anda bisa memasukkan detail alamat Anda ketika ini lengkap dengan propinsi, kota, instruksi pos, nomer telpon atau handphone dan email. Hal ini bertujuan biar Anda bisa dihubungi dengan gampang oleh divisi HRD atau rekrutmen ditempat Anda melamar kerja.

Rangkuman biografi
Pada kolom ini iisikan mengenai seputar pengalaman kerja terakhir Anda, kemampuan, umur dan sedikit menyentuh kemampuan teknis yang Anda miliki. Hal ini sangat penting alasannya ialah banyak dari HRD yang mengasosiasikan kemampuan ini dengan pekerjaan yang nantinya akan Anda tempati ketika diterima.

Latar belakang pendidikan
Pada kolom ini Anda bisa memasukkan latar belakang pendidikan Anda dari pendidikan awal sampai yang terakhir. Jika Anda juga mengikuti kursus, Anda juga bisa memasukkannya disini sebagai info tambahan.

Kemampuan (Skill)
Tuliskan semua kemampuan yang Anda miliki pada kolom ini. Misalnya kemampuan dalam mengoperasikan komputer, kecepatan mengetik, bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Pengalaman kerja
Bagi Anda yang mempunyai banyak sekali pengalaman kerja, Anda bisa mencantumkannya di kolom ini. Ceritakan secara rinci pengalaman-pengalaman kerja yang Anda miliki, tugas, kewajiban serta tanggung jawab apa yang Anda miliki ketika menjabat pekerjaan tersebut. dengan terang pengalaman-pengalaman kerja apa saja yang pernah Anda lakukan, apa saja detail dari kiprah Anda, dimana saja, kapan serta berapa lama.

Sertifikat dan penghargaan
Sertifikat dan penghargaan merupakan nilai plus yang bisa Anda sertakan dalam surat lamaran Anda. Selain Anda tuliskan pada kolom ini, Anda juga bisa melampirkannya bersama dengan surat lamaran yang Anda kirim.

2. Jadilah langsung yang kreatif dan inovatif dan berani tampil beda

Dalam menciptakan sebuah surat lamaran kerja yang baik, kreatifitas dan penemuan cukup dibutuhkan alasannya ialah surat lamaran Anda merupakan salah satu media dan cara Anda untuk berkomunikasi dengan HRD meskipun melalui tampilan dan tulisan. Makara berikanlah sentuhan terbaik Anda dalam membuatnya. Dengan surat lamaran yang interaktif, memberikan kalau Anda ialah orang yang kreatif, inovatif dan berani tampil beda dari yang lainnya. Untuk melakukannya, Anda bisa mulai dengan merubah tampilan (layout) surat lamaran dari yang berkesan klasik dan konvensional ke tampilan yang lebih modern.

3. Berkesan

Surat lamaran yang Anda kirim ialah bentuk representasi dari diri Anda, oleh alhasil buatlah surat lamaran yang sebaik mungkin dan se-selegan mungkin. Perhatikan detail-detailnya ibarat jenis, penggunaan abjad dan kerapihan alinea serta paragraf-paragraf didalamnya.

Contoh surat lamaran kerja
Jakarta, 08 Februari 2014
Kepada YTH:
HRD Manager PT SURYA JAYA
Jl. Melati No.25 Jakarta

Dengan Hormat,

Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan dari sebuah media di internet wacana lowongan pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, oleh alhasil melalui surat lamaran ini saya, Tri Widiyanto, 26 tahun bermaksud untuk mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin ketika ini untuk menempati posisi yang sedang dibutuhkan.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama : Tri Widiyanto
Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 10 Maret 1988
Pendidikan : Manajemen Informatika Universitas XXXX
Alamat : Jl. Paris Van Java
Telepon : 0852 1997 XXXX

Sebagai materi pertimbangan Bapak/Ibu, saya juga melampirkan kelengkapan diri saya sebagai berikut:

1. Pas Photo 4x6 1 lembar
2. Fotokopi KTP
3. Daftar Riwayat Hidup
4. Fotokopi Ijazah
5. Fotokopi Sertifikat Uji Kompetensi
6. Fotokopi Surat Referensi Kerja

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.


                                                                                                                                                                         Hormat Saya,


                                                                                                                               Tri Widiyanto




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel