-->

7 Cara Menciptakan Formulir Kuesioner Di Google Form


Formulir ialah sebuah kertas yang mana berisi beberapa pertanyaan formal yang mesti di isi. Di dalam Google Form sendiri, tidak jauh berlawanan dengan formulir yang ada ketika ini. Yakni anda dapat menciptakan dan juga dapat menganalisis survei yang anda berikan lewat website.









Dalam hal ini, Google Form sangatlah efisien dan mengurangi kertas. Mengapa demikian? Karena dulunya mungkin kita harus mencetak satu persatu dan harus mengisinya secara manual, namun dengan adanya Google Form hal tersebut sudah tidak perlu dijalankan lagi. Anda tidak perlu menggunakan kertas lagi, menghemat waktu, keselamatan data terjamin dan juga Google Form akan mengumpulkan data anda secara real-time.





Nah, melalui artikel ini penulis membuat bimbingan bagaimana cara menciptakan formulir kuesioner di Google Form secara gampang dan cepat. Baik, pribadi saja ikuti panduan lengkapnya berikut ini;





Lihat Juga : 9 Cara Mengubah File PDF ke Excel





Membuat Formulir Kuesioner di Google Form





Untuk mengakses Google Form tentukan anda memilik akun Google, Jika anda belum mempunyai, silahkan daftar apalagi dulu di link berikut ini : Membuat Akun Google. Namun jikalau anda sudah memilikinya, eksklusif saja login dan ikuti petunjuknya berikut ini …





1. Membuat Formulir Kosong di Google Drive





Formulir Kosong




Langkah
pertama setelah anda login yaitu dengan membuat Formulir Kosong. Yakni
dengan cara berikut :





  • Klik ikon (+ Baru) pada bab kanan atas halaman Google Drive
  • Setelah itu, klik Lainnya » pilih Google Formulir » arahkan kursor mouse anda pada anak panah di samping Google Formulir » klik Formulir Kosong




2. Memberikan Judul dan Deskripsi





Judul dan Deskripsi




Setelah anda menciptakan Formulir Kosong, anda akan dialihkan ke halaman Google Docs. Pada tahap ini anda akan dihidangkan beberapa kolom yang mesti di isi. Anda mampu mengisi Judul dan Deskripsi terlebih dahulu. Mengenai Judul dan Deskripsi, anda mampu mengisinya secara langsung sesuai kebutuhan.





Lihat Juga : 8 Cara Mengubah File PDF ke JPG









3. Membuat Pertanyaan Sesuai Kebutuhan





Jenis Jawaban




Selanjutnya yaitu membuat pertanyaan terkait Judul Formulir anda sebelumnya. Anda mampu mengisinya secara langsung, seperti halnya Nama, TTL, Pekerjaan, Status atau yang yang lain. Dan perlu anda ketahui, di dalam Google Form ini terdapat beberapa Jenis Jawaban yang berbeda tergantung bagaimana pertanyaannya.





Semisal
jikalau anda memperlihatkan pertanyaan terkait “Status”. Maka jenis jawaban
yang anda pilih tidak harus berupa “Teks”. Namun, anda dapat menentukan
jenis jawaban berupa Pilihan Ganda, Kotak Centang ataupun Drop-down.





Fitur - fitur Google Drive




Anda juga dapat menyertakan beberapa pertanyaan yang berbeda jenis dengan cara klik (icon +), menyertakan gambar dan video di dalam pertanyaan, ataupun beberapa fitur yang lain. Salah satu diantaranya yakni anda dapat mengaktifkan fitur “Wajib di isi” yang mana mengharuskan orang tersebut menjawab pertanyaan, jika tidak (balasan kosong) maka formulir tidak akan terkirim.





4. Menambahkan Tema





Tambahkan Tema




Setelah
menawarkan pertanyaan, pasti anda tak mau tampilan dari formulir yang anda
buat itu – itu saja bukan? Maka dari itu gunakanlah tema untuk
memperlihatkan tampilan semoga mempesona untuk di lihat.





Bagaimana caranya? Cukup anda klik icon pallete (mirip yang telah penulis tandai pada gambar diatas). Pada tampilan Opsi tema, anda dapat mengontrol penampilan sesuai cita-cita. Mulai dari Header, Warna Tema, Warna Latar Belakang dan juga Gaya Font.





Lihat Juga : 7 Cara Membuka Kunci File PDF









5. Mengirim Google Form





Mengirim Form




Setelah
anda menciptakan formulir di Google Form, anda dapat mengantarkan secara pribadi.
Akan namun sebelum itu cek kembali formulir yang anda buat. Apakah sudah
benar? Atau mungkin terdapat kesalahan.





Bagaimana caranya? Yakni dengan klik “Pratinjau” untuk melihat hasil formulir yang anda buat tadinya. Namun jikalau anda telah yakin dengan formulir yang anda buat di Google Form. Maka pribadi saja klik “Kirim”. Setelah itu anda akan mendapati performa “Kirim Formulir”.





Pada tahap ini anda akan diberikan pilihan pilihan, diantaranya ialah anda dapat mengirim formulir anda melalui Email, Tautan Link, Sematkan HTML, Facebook maupun Twitter. Berikut beberapa pola untuk mengantarformulir …





Mengirim Melalui Email





Kirim Email




Bagaimana sih cara mengirim formulir melalui email? Mudah saja, anda cuma perlu mengisi beberapa kolom yang disediakan. Seperti kolom “Ke” (yang mana terhadap siapa anda akan mengantarkan formulir tersebut)





Dan juga kolom “Subjek”, kolom “Pesan”, atau anda mampu menyertakan formulir di dalam email dengan cara klik Kotak CentangSertakan formulir di dalam email”. Jika kolom telah terisi semua, klik “Kirim





Mengirim dengan
Mengcopy Link





Copy Tautan




Selain
mengirim email, anda juga dapat mengcopy tautan link Google Form yang anda
buat. Dengan cara klik “Icon Tautan” » lalu klik “Kotak Centang
Perpendek URL » sehabis itu anda tinggal klik “Salin





Jika telah anda salin, anda mampu membagikan Tautan Link tersebut di Obrolan Chat, ataupun media yang yang lain. Dengan cara Copy-paste URL tersebut.





Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Halaman PDF





Penutup,





Membuat kuesioner di Google Form terbilang sungguh gampang, anda cukup ikuti tutorial diatas secara urut maka dijamin anda akan sukses menciptakan formulir Google Form. Bagikan artikel ini ke sosial media yang anda miliki supaya lebih berkhasiat dan berfaedah.





Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis lewat kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel