6 Cara Komplain Pengantaran Barang Jne
JNE Express juga merupakan salah satu jasa ekspedisi yang dipercayai oleh beberapa perBisnisan e-commerce terkemuka seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan sejenisnya untuk mengantarkan paket barang.
Terkadang sebuah jasa pengantaran tentunya mendapati beberapa persoalan. Misalnya saja keterlambatan pengantaran barang dari acara yang diberikan dan sejenisnya. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut mampu terjadi, mengingat JNE Express sering mengalami overload pengiriman paket dikarenakan banyaknya paket yang masuk setiap harinya.
Karena hal tersebutlah yang menimbulkan banyaknya aneka macam komplain dari sebagian pelanggan JNE Express. Puas atau tidaknya suatu pelanggan kepada produk layanan dalam sebuah bisnis, tentu sangatlah masuk akal. Mengingat setiap perBisnisan pasti mengalaminya, tak terkecuali dalam bisnis pengiriman JNE Express.
Perlu dimengerti penyebab persoalan tersebut tidak cuma ditimbulkan oleh pihak JNE Express saja, melainkan dapat disebabkan oleh pihak pengirim.
Lihat Juga : Hari dan Jam Kerja J&T Express Terbaru
Cara Komplain JNE Express
Demi ketentraman dan menjalin relasi baik dengan pelanggan, JNE Express sendiri telah menawarkan layanan Call Center yang dapat digunakan untuk menanyakan berbagai hal terkait pengiriman barang. Dengan begitu, konsumen mampu dengan bebas memberikan kritik maupun saran lewat layanan tersebut.
Dan berikut ini beberapa layanan yang dapat anda kerjakan untuk komplain pengiriman barang di JNE Express.
Lihat Juga : Jam Kerja JNE Terbaru
Menghubungi Customer Care JNE
Cara yang pertama yang mampu anda kerjakan yakni menghubungi Customer Care JNE. Dengan cara ini, anda dapat memberikan terkait ganjalan apa saja yang anda alami dalam pengiriman paket. Tentunya penyelesaian ini sangatlah cocok untuk anda yang ingin menerima jawaban cepat dan simpel dari CS JNE.
Untuk menghubungi Customer Care JNE ini mampu anda lakukan di nomor berikut : (021) 2927 8888. Namun sebelum menghubunginya, ada baiknya jika anda merencanakan beberapa hal terkait komplain yang diajukan. Seperti halnya Nomor Resi JNE, KTP atau dokumen sejenisnya.
Pastikan juga anda mempunyai pulsa yang cukup untuk menelpon, dikarenakan anda akan dikenai tarif pulsa yang diubahsuaikan dengan provider yang digunakan.
Mengirim Melalui Email JNE
Kemudian anda juga dapat komplain dengan mengantarkan pesan lewat Email JNE Express. JNE Express sendiri memiliki email resmi yang dapat dihubungi dan digunakan selaku sarana penyampaian unek-unek pelanggan.
Tentunya cara ini sangatlah gampang dan simpel untuk dilakukan. Dengan cara ini anda hanya perlu mengajukan semua keluhan yang sedang anda alami dalam hal pengantaran paket. Lalu mengirimkanya ke email berikut: customercare@jne.co.id.
Dan jika pengaduan anda belum di respon oleh pihak JNE Express, diharapkan anda sedikit bersabar. Mengingat terdapat banyaknya pesan masuk yang sedang diterima dan diproses oleh pihak terkait.
Melalui Media Sosial Resmi JNE
Selain itu, anda juga dapat mengajukan komplain lewat Akun Media Sosial resmi dari JNE Express. JNE Express ini telah menawarkan beberapa akun media umum. Hal ini bermaksud semoga pelanggan dapat dengan gampang menghubungi Customer Care terkait.
Tentunya cara ini sangat cocok untuk anda yang sering menggunakan Media Sosial. Berikut beberapa media umum resmi JNE Express yang perlu anda pahami.
- Facebook : JNE
- Twitter : JNE Express
- Instagram : jne_id
- Youtube : JNE
Untuk cara komplain sendiri mampu anda lakukan dengan cara mengirimkan keluhan anda di salah satu media sosial di atas. Tentu ada baiknya kalau anda melampirkan beberapa identitas terkait seperti halnya nama pengirim, penerima, nomor resi dan sejenisnya.
Lihat Juga : Jam Operasional Kantor Pos Indonesia
Komplain Melalui Ask Joni
JNE Express juga sudah menyediakan fitur layanan yang mampu digunakan untuk menghubungi Customer Service. Fitur ini dapat anda jumpai di situs web resmi JNE Express. Di dalam Ask Joni ini anda mampu mengutarakan unek-unek anda. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut ini:
- Pertama, datangi Ask Join di situs web resmi JNE Express berikut ini : Ask Joni
- Masukkan Nama Lengkap, Email, dan Nomor Telepon dikolom yang sudah ditawarkan » pada bagian Subject, pilih Customer Service.
- Kemudian, sampaikan keluhan anda terkait Pengiriman Barang JNE Express. Sertakan juga Nomor Resi, Nama Pengirim, dan Penerima » kalau sudah melengkapi, klik Send Message.
- Selesai.
Untuk isu selanjutnya tentang pengajuan komplain tersebut, pihak JNE Express akan menghubungi lewat Nomor Telepon yang sudah anda masukkan sebelumnya. Makara tentukan kembali, jikalau Nomor Telepon tersebut masih dalam keadaan aktif.
Mendatangi Kantor JNE Terdekat
Selain menggunakan cara diatas, terdapat juga solusi alternatif yang dapat anda kerjakan. Seperti halnya mendatangi eksklusif ke Kantor JNE Express terdekat. Namun sebelum itu, ada baiknya bila anda rencanakan beberapa dokumen/identitas terkait pengajuan komplain anda.
Kemudian anda juga akan diberikan beberapa pertanyaan terkait permasalahan paket. Dengan begitu, Customer Service JNE Express dapat dengan gampang memproses pengajuan komplain anda.
Lihat Juga : 4 Cara Belanja di AliExpress Untuk Pemula
Komplain Yang Sering Diajukan
Terdapat berbagai persoalan paket yang diajukan oleh pelanggan. Setiap problem tersebut pastinya memiliki karakteristik dilema yang berlainan. Untuk itu aku akan berikan sedikit isu terkait komplain yang sering diajukan oleh konsumen JNE.
Mungkin dari pertanyaan berikut ini, anda mengalami hal yang serupa. Dengan begitu anda mampu mengenali karena dari permasalahan yang sedang dialami.
Bagaimana bila paket rusak / hilang?
Jika paket anda mengalami kerusakan ataupun kehilangan dikarenakan pihak JNE, ada baiknya bila anda langsung mendatangi Kantor JNE terdekat. Dan kerjakan pengajuan komplain kepada Customer Service JNE. Tentunya untuk mengatasi dilema ini, lazimnya JNE menyediakan pilihan Refund.
Mengapa paket belum sampai?
Terdapat banyak hal yang menjadikan paket anda belum hingga. Sebagai contohnya saat JNE Express sedang overload tentunya pengiriman paket akan terlambat dari agenda yang telah diberikan. Overload ini umumterjadi saat hari libur atau pun marketplace sedang menyelenggarakan potongan harga besar – besaran (Flash Sale).
Dalam hal ini, anda harus ekstra tabah menunggu. Di samping itu, lakukan cek resi setiap beberapa waktu untuk mengevaluasi posisi paket.