3 Cara Menambahkan Hyperlink Di Word
Hyperlink
merupakan cara dalam menghubungkan sebuah bab dalam dokumen ke dokumen lain
dengan tujuan tertentu. Secara umum, hyperlink diambil dari kata link
yang bisa kita peroleh dalam sebuah halaman web.
Adanya hyperlink
mampu membuat lebih mudah seseorang dalam memperoleh isu yang diperlukan. Sederhananya,
saat sehabis membuka laman ini, anda bisa menyaksikan bermacam-macam hyperlink
aktif yang related dengan artikel.
Tujuan dan fungsinya untuk mengoptimalkan pengguna untuk lebih aktif dalam membuka halaman lain sesuai dengan apa yang diperlukan. Tidak hanya pada halaman web, hyperlink juga mampu ditambahkan pada lembar kerja Microsoft Word, Excel, Powerpoint, dan lainnya.
Lihat
Juga : 5
Cara Membuat Nomor Halaman di Office Word
Cara Membuat Link di Word
Pada program Microsoft Word sendiri, ada beragam tipe hyperlink yang perlu diketahui. Diantaranya ialah tautan absolute dimana tautan ini merupakan tautan web, mirip https://bingo-sitevmzbdoyrfvb.blogspot.com/office-tips/.
Kemudian ada basis hyperlink dimana berisi
tautan untuk file tujuan, mirip C:\Documents and Settings\Username\My Documents. Yang
ketiga ada hyperlink relative yang berisi tautan pada berkas tertentu,
mampu juga disebut basis hyperlink, seperti C:\Documents and Settings\Username\My
Documents\April\Sales.doc.
… dibawah ini ada beberapa opsi dalam menambahkan
hyperlink yang secara lazim diperlukan oleh pengguna Microsoft Word. Berikut
pilihannya…
1. Menambahkan Link Aktif Web di Word
Yang pertama, anda bisa menambahkan hyperlink yang berisi alamat suatu web atau halaman web. Anda bisa menambahkannya secara eksklusif dan Word akan secara otomatis menganggapnya sebagai halaman dengan tanda teks berwarna biru. Atau anda bisa menambahkannya pada teks atau kalimat tertentu. Dibawah ini, penulis menciptakan langkah-langkah menambahkan hyperlink pada kalimat tertentu. Berikut langkah-langkahnya…
1. Pertama,
buka dokumen Word yang diharapkan. Kemudian blok teks atau kalimat yang ingin
anda tambahkan hyperlink. Klik Kanan » Link. Atau bisa juga klik Insert
» Link.
2. Kemudian anda bisa sisipkan pribadi link atau
alamat webnya dibagian Existing File or Web Page » form Address.
Jika sudah, klik OK dan lihat kesudahannya.
3. Selesai.
Lihat Juga : 9 Cara Mengubah PDF ke Word
2. Membuat Link Daftar Isi yang Loncat ke Heading
Bagi anda yang mungkin sedang menciptakan skripsi, karya tulis, observasi, buku, atau ebook, menambahkan link daftar isi terkadang sungguh diharapkan. Selain alamat web, anda mampu menambahkan link yang loncat ke bookmark atau heading. Agar lebih gampang, anda mampu membuat heading pada judul atau sub judul tertentu. Untuk lebih jelasnya, anda mampu ikuti panduannya berikut ini.
1. Pertama,
buka dokumen yang diharapkan, kemudian tentukan untuk menyertakan heading
pada judul atau sub judul yang anda miliki. Pilih judul atau sub judul,
lalu klik heading yang dikehendaki.
2. Kemudian
pada bagian daftar isi, blok pada bagian yang dikehendaki. Kanan » Link.
Atau bisa juga klik Insert » Link.
3. Selanjutnya,
klik Place in This Document » kemudian pilih heading sesuai dengan
ketentuannya. Klik OK dan lihat risikonya.
4. Selesai.
… dengan
melakukan hal tersebut, ketika anda klik atau open, maka akan diarahkan ke
heading atau judul yang telah dipilih. Akan lebih gampang dikala dokumen tersebut
telah dijadikan file PDF.
Ketika
diklik maka akan diarahkan ke halaman heading yang telah ditentukan.
Lihat
Juga : Cara Membuat Formulir di Google Form
3. Membuat Link yang Loncat ke Bagian Tertentu
Selain memakai heading, anda juga mampu menambahkan link daftar isi menggunakan bookmark. Opsi ini aku rasa lebih gampang sebab tidak mengganti format teks untuk judul kembali. Berikut tutorial yang bisa anda ikuti…
1. Buka
dokumen yang diinginkan, kemudian blok bab judul atau sub judul. Klik Insert
» Bookmark.
2. Kemudian
tambahkan nama bookmark dibagian form Bookmark name. Lalu klik Add.
3. Kemudian
pada bagian daftar isi, blok pada bab yang diharapkan. Kanan » Link.
Atau mampu juga klik Insert » Link.
3. Selanjutnya,
klik Place in This Document » kemudian pilih bookmark yang telah dibentuk
sebelumnya. Klik OK dan lihat balasannya.
4.
Selesai.
… sesudah anda klik Kanan » Open Hyperlink, maka secara otomatis akan menuju pada halaman bookmark yang sudah diseleksi. Fungsinya sama seperti heading ditutorial kedua.
Lihat Juga : 2 Cara Menghilangkan Protected View Microsoft Word
Penutup,
Menurut
ekonomis aku, ketika menciptakan daftar isi singkat, lebih mudah memakai opsi
bookmark daripada heading, karena anda tidak perlu mengendalikan ulang format font,
list, dan yang lain.
Tutorial yang penulis berikan dapat anda coba pada Office Word 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, sampai yang paling baru saat ini. Jika ada perbedaan performa, anda bisa menyesuaikannya.