-->

Rpp Ips Kelas 8 Smp/Mts Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP IPS Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017  - Pada postingan ini saya akan menyebarkan perangkat pembelajaran terbaru yakni RPP IPS Jenjang SMP/MTs Kelas 8 Semester 2/ genap K13 Revisi 2017 yang sanggup anda unduh secara gratis.

Pengembangan RPP Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 Kurikulum 2013 revisi terbaru dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud biar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP sanggup dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.

Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis biar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta menunjukkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP IPS kelas 7 k13 revisi terbaru 2017 disusun menurut KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.


Contoh RPP IPS Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)                                                                         
Nomor :01      
Sekolah
:
SMP  N 
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Materi Pokok
:
2.1.Keunggulan dan Keterbatasan antar ruang serta tugas pelaku Ekonomi dalam suatu perekonomian.
Kelas/ Semester

VIII /genap
Alokasi Waktu
:
2 X pertemuan ( 4 x 40 )
          A
KI.1
Memiliki sikap yang mencerminkan sikapberiman dan bertakwa kepada Tuhan YME,
KI.2
Memiliki karakter, jujur, dan peduli, bertanggungjawab,. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan . sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional
KI.3
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan: . ilmu pengetahuan, . teknologi, . seni, dan . budaya. Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
KI.4
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak: . kreatif, . produktif, . kritis, . mandiri, . kolaboratif, dan . komunikatif melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri

B.
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1
3.3. Menganalisis keunggulandanketerbatasanruangdalampermintaan  dan penawaran, teknologisertapengaruhnyaterhadapinteraksiantarruangbagikegiatanekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dannegara-negara ASEAN.
3.3.1.     Menjelaskan pengertian permintaan
3.3.2.     Menganalisis  faktor yang menghipnotis permintaan
3.3.3.     Mendiskripsikan dampak tingginya undangan suatu barang
3.3.4.     Menjelaskan pengertian penawaran
3.3.5.     Menyebutkan faktor yang menghipnotis penawaran
3.3.6.     Mendiskripsikan dampak penawaran

2
4.3Menyajikan hasil analisis ihwal keunggulan dan keterbatasan ruang dalam undangan dan penawaran, tehnologi serta pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi acara ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN

4.3.1 .    Trampil menciptakan kurva permintaan
4.3.2     Trampil menciptakan kurva penawaran
4.3.3. Trampil menciptakan presentasi beserta penyajiannya.

     C.TUJUAN PEMBEL;AJARAN
        Setelah Kegiatan Belajar Mengajar simpulan diperlukan siswa sanggup :
1.        Menjelaskan pengertian undangan dengan benar
2.        Menganalisis faktor – faktor yang menghipnotis permintaan
3.        Mendiskripsikan dampak tingginya undangan suatu barang
4.        Memberikan referensi barang – barang yang selalu fluktuatif dalam hal harga.
5.        Menjelaskan pengertian penawaran
6.        Menjelaskan macam – macam penawaran
7.        Menyebutkan faktor yang menghipnotis perubahan  penawaran
8.        Mendiskripsikan dampak penawaran
9.        Menyebutkan referensi barang/ komoditas pertanian. yang diminati produsen dan konsumen
10.    Teramp[il menggambar grafik permintaan


 D.  FOKUS PENGUATAN KARAKTER
Text Box: FOKUS PENGUATAN KARAKTER Sikap Spritual : Toleransi pada agama yang berbeda. Sikap Sosial: Jujur, disiplin, kerjasama, peduli,kritis , percayadiri
 








D. MATERI PEMBELAJARAN
   a.Materi Regulair
1.    Pengertian undangan dengan benar
2.     Faktor – faktor yang menghipnotis permintaan
3.     Dampak tingginya undangan suatu barang
4.     Contoh barang – barang yang selalu fluktuatif dalam hal harga.
5.     Pengertian penawaran
6.     Macam – macam penawaran
7.    Faktor yang menghipnotis perubahan  penawaran
8.     Dampak penawaran
9.    Contoh barang/ komoditas pertanian. yang diminati produsen dan konsumen
b .Materi Remidial
1.    Faktor yang menghipnotis permintaan
2.    Faktor yang menghipnotis perubahan penawaran
3.    Grafik undangan dan penawaran
  c. Materi Pengayaan
1.    Keunggulan dan keterbatasan  permintaan,penawaran teknologi, pelaku ekonomi negara – negara ASEAN
E. PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Model Pembelajaran : Problem based Learning           : Case Study

F
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN

Media
:
Peta Indonesia , Peta Jawa, dan Madura

Alat
:
Komputer/Notebook, LCD, PPT

Selengkapnya, Bagi bapak /ibu Guru kelas 8 yang membutuhkan RPP IPS Kurikulum 2013 Semester 2/ genap Revisi 2017 sanggup mengunduhnya pada tautan di bawah ini.

RPP IPS Kelas 8 Semester 2 K13 Revisi 2017.docx, Unduh File

Demikian RPP IPS Kelas 8 jenjang SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 terbaru yang sanggup saya bagikan, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel